get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023: Menanti Pembuktian Shin Tae-yong

Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19: Jaga Fokus Garuda Muda

Rabu, 06 Juli 2022 | 13:51 WIB
header img
Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 akan menghadapi Thailand malam ini. (foto: Twitter/PSSI).

BEKASI, iNewsKutai.id - Duel sengit bakal tersaji pada laga penyisihan Grup A Piala AFF U-29 2022 kala timnas Indonesia U-19 bentrok dengan Thailand di Stadion Patriot Chandrabhaga, Rabu (6/7/2022) malam. Laga ini akan menjadi ujian terberat skuad Garuda Muda untuk memuluskan misi lolos ke babak semifinal.

Thailand selalu menjadi lawan yang sulit bagi timnas Indonesia di semua level tak terkecuali usia muda. Jika mengacu pada statistik, tim Gajah Perang unggul head to head. Dalam tujuh pertemuan terakhir, tim Merah Putih hanya sekali menang itupun pada Piala AFF 2013 silam.

Setelah itu, Thailand menunjukkan superioritasnya. Termasuk pada pertemuan terakhir pada Piala AFF 2018 di mana mereka menang tipis 2-1. Thailand kembali menunjukkan potensinya pada Piala AFF 2022.

Tim lawan menyapu bersih dua laga awal masing-masing melawan Filipina dan Myanmar. Empat gol berhasil dilesakkan dalam dua pertandingan tersebut. Mengemas 6 angka, Thailand kini nyaman di puncak klasemen sementara. 

Sementara timnas Indonesia untuk sementara berada di peringkat kedua dengan 4 poin hasil bermain imbang melawan Vietnam dan kemenangan besar atas Brunei Darussalam. Tujuh gol berhasil dicetak Indonesia saat bersua Brunei.

Namun hal tersebut tidak bisa menjadi indikator ketajaman lini serang pasukan Shin Tae-yong mengingat Brunei memang tim terlemah di Grup A. Sebaliknya, kualitas Garuda Muda akan benar-benar diuji saat bersua Thailand nanti malam.

Tim lawan dipastikan bakal membidik hasil maksimal dalam laga nanti untuk mempertahankan posisi pemuncak klasemen sementara sekaligus menjaga peluang lolos. Di sisi lain, ini menjadi kesempatan Indonesia untuk mengudeta Thailand dari puncak klasemen.

Untuk memastikan target tersebut tercapai, skuad timnas U-19 wajib menjaga fokus sepanjang pertandingan agar tidak kecolongan. Hasil imbang apalagi kalah bisa sangat memengaruhi peluang tim Merah Putih ke babak semifinal.

Pelatih Shin Tae-yong mengakui jika Thailand ada tim paling kuat dan stabil di Asia Tenggara. Hal itu setelah dirinya menonton langsung pertandingan tim Gajah Perang melawan Myanmar. Saat itu, Thailand menang dengan skor telak 3-0.

"Thailand adalah tim paling kuat dan stabil. Mereka favorit di Grup A," jelas Shin Tae-yong.

Karena itu, pelatih asal Korea tersebut mengaku mempersiapkan dengan baik anak asuhnya agar bisa meraih hasil maksimal dalam laga nanti. "Kami sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk laga nanti," katanya.

Pemain timnas U-19 Alfriyanto Nico Saputro mengaku jika kemenangan atas Brunei meningkatkan motivasi pemain untuk mengulang pencapaian serupa saat melawan Thailand. "Insya Allah bisa memberikan permainan yang memuaskan dan juga mendapatkan tiga poin lagi,” ujar Nico. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut