get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Panjang Umur Warga Jepang, Nomor 6 Sesuai Anjuran Rasulullah

Cara Cepat Turunkan Tekanan Darah Tinggi Pakai Bawang Putih, Simak Caranya

Kamis, 14 Juli 2022 | 08:06 WIB
header img
Cara menurunkan tekanan darah dengan bawang putih. (foto: unair)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Menurunkan tekanan darah tinggi dalam waktu singkat bisa dilakukan dengan obat herbal salah satunya bawang putih. Hal ini penting karena darah tinggi bisa berakibat fatal dan berujung kematian.

Selama ini, tekanan darah tinggi atau hipertensi kerap dianggap sepele penderitanya. Padahal, penyakit ini terkenal sebagai “the silent killer". Pasalnya, jika sudah pada tahap parah, bisa memicu serangan jantung, kerusakan ginjal, dan stroke.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018) prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 34,1 persen. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan prevalensi hipertensi Riskesdas pada 2013 sebesar 25,8 persen. Diperkirakan hanya 1/3 kasus hipertensi di Indonesia yang terdiagnosis, sementara sisanya tidak terdiagnosis. 

Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia dr. Erwinanto, Sp. JP(K), FIHA mengatakan, seseorang menderita hipertensi dan tidak dikontrol akan menjadi kontributor tunggal yang utama untuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. 

“Setiap peningkatan darah 20/10 mm Hg akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner 2 kali lebih tinggi,” ujarnya pada konferensi pers Hari Hipertensi Sedunia secara virtual beberapa waktu lalu. 

Lantas bagaimana cara menurunkan darah tinggi? Dokter Erwinanto menjelaskan, pada dasarnya hipertensi dapat dicegah yakni dengan mengendalikan perilaku berisiko seperti merokok, diet yang tidak sehat (kurang konsumsi sayur dan buah, konsumsi garam berlebih), obesitas, dan alkohol. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut