get app
inews
Aa Read Next : Wajib Dibaca, Ini Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat

6 Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi di Hari Jumat

Jum'at, 15 Juli 2022 | 10:01 WIB
header img
Keutamaan membaca surah Al Kahfi di hari Jumat. (foto: dok inews)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Al Kahfi menjadi surah yang disunnahkan dibaca umat Islam pada hari Jumat. Surah yang terdapat di akhir juzz 15 dan di awal juzz 16 ini terdiri dari 110 ayat.

Meski boleh dibaca setiap hari, namun dibaca pada malam dan hari Jumat diyakini memiliki banyak keutamaan. Dikutip dari Al Qur'an Dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah, karya Dr Muhammad Bakar Ismail dijelaskan jika surah Al-Kahfi dibaca saat terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari selanjutnya. 

Sedikitnya, ada enam keutaman membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat. Berikut daftarnya: 

1. Terhindar dari Fitnah Dajjal 

Fitnah Dajjal menjadi ancaman utama umat Islam di akhir zaman. Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Nabi Muhammad SAW bahkan bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca surat AL-Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji. 

2. Pengingat Akan Hari Kiamat 

Dalam surat Al-Kahfi ayat 47 diingatkan akan datangnya hari kiamat suatu hari nanti. 

"Wa yauma nusayyirul-jibaala wa taral-arda barizataw wa hasyarnahum fa lam nugaadir min-hum ahadaa"

Artinya: "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka." 

3. Diridhai Allah 

Membaca surat Al Kahfi dapat memudahkan mendapatkan ridho Allah dan mendapatkan cahaya berkah serta menghilangkan penyebab hati gelisah. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Rasullullah SAW bersabda: 
"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi." (HR Ahmad) 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut