get app
inews
Aa Read Next : Amalan yang Dianjurkan Dikerjakan di Hari Jumat, Nomor 7 Melapangkan Rezeki

Wajib Dibaca, Ini Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat

Jum'at, 22 September 2023 | 09:04 WIB
header img
Keutamaan bersedekah pada hari Jumat wajib diketahui umat Islam. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Hari Jumat sangat istimewa bagi umat Islam. Banyakan amalan sunnah yang bisa dilakukan selain ibadah wajib, Shalat Jumat. Salah satunya adalah bersedekah.

Sedekah bisa dilakukan dalam bentuk apa saja. Mulai dari materi hingga tenaga untuk membantu orang lain. Sedekah adalah amalan yang  dicontohkan Rasulullah SAW untuk berbagi dan membantu sesama yang membutuhkan. 

Sedekah juga mengajak umat Islam untuk menumbuhkan sikap empati sosial dengan memudahkan hajat orang lain. Allah Ta'ala berfirman dalam QS Al Baqarah : 261 : 

مَثَلُ الَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ اَمۡوَالَهُمۡ فِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنۡۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِىۡ كُلِّ سُنۡۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ‌ؕ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ 

Artinya : "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui,".

Di dalam Alqur'an disampaikan jika sedekah memiliki banyak keutamaan. Terutama jika dilakukan pada di hari Jumat karena merupakan waktu yang utama dan penuh berkah Allah SWT. 

Hal ini juga disampaikan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Salamah dari Abu Hurairah ra. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

“Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.” [HR.Muslim]. 

Untuk itu, Nabi Muhammad SAW memberikan teladan memperbanyak sedekah di hari Jumat dibandingkan hari lainnya. Beliau juga memperbanyak amalan lainnya di hari Jumat. 

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/9/2023), berikut keutamaan sedekah di hari Jumat: 

1. Seperti Bersedekah di Bulan Ramadan 

Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat. Beliau berkata; “Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.” 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut