get app
inews
Aa
Read Next : Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami tanpa Obat-obatan  

Empat Tanaman Pekarangan Pencegah Darah Tinggi dan Kolesterol, Nomor 3 Bisa Dibuat Jadi Jus

Minggu, 31 Juli 2022 | 07:12 WIB
header img
Tanaman pekarangan bisa untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Banyak tanaman pekarangan yang tumbuh liar memiliki khasiat obat. Berfungsi sebagai herbal, dedaunan ini bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan seperti menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol jahat dalam darah.

Dedaunan ini bisa menjadi pelengkap dan dikonsumsi berdampingan dengan obat medis yang disarankan dokter. Tentu saja, konsumsi dedaunan herbal harus dibarengi dengan menerapkan pola hidup sehat.

Hal ini untuk memastikan upaya pengobatan yang dilakukan tidak sia-sia. Berikut daun penurun kolesterol dan darah tinggi seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/7/2022).

1. Daun Sirih 

Penelitian telah menemukan bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL). Selain itu, juga membantu meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL). 

Efek penurun lipid seperti daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus. Lebih lanjut meningkatkan katabolisme kolesterol LDL. 

2. Daun Kemangi 

Daun kemangi mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Eugenol dalam daun kemangi bisa memblokir saluran kalsium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Minyak esensial dalam kemangi juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida. 

3. Daun Seledri 

Daun seledri tak hanya digunakan dalam masakan, tapi juga bisa menurunkan kolesterol dan darah tinggi. Secara umum seledri diketahui kaya vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan. 

Kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Selain dicampurkan dalam makanan, seledri bisa dijadikan jus dan diminum langsung.

4. Daun Salam 

Daun salam mampu memberikan manfaat kesehatan umum, seperti menurunkan kolesterol. Selain itu, adanya kandungan flavonoid di dalam daun salam bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Daun salam bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Penelitian awal mengenai ini pernah dilakukan dan menunjukkan bahwa minum teh yang terbuat dari daun salam setiap hari selama 10 hari sedikit meningkatkan kadar kolesterol baik. 
 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut