get app
inews
Aa Read Next : Hujan Ekstrem Diprakirakan Guyur Kaltim hingga Februari, Ini Imbauan BMKG

6 Herbal untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujan, Bisa Ditemukan di Dapur

Jum'at, 09 Februari 2024 | 10:32 WIB
header img
Minuman herbal untuk meningkatkan kekebalan tubuh di musim hujan. (Foto: ilustrasi/iNews.id-Guardian).

JAKARTA, iNewsKutai.id - Musim hujan adalah waktu yang dinanti-nantikan oleh banyak orang di seluruh Indonesia. Namun demikian, musim ini juga membawa potensi risiko bagi kesehatan, terutama karena perubahan cuaca yang drastis. 

Penyakit seperti pilek, batuk, flu, tipus, malaria, diare, dan demam berdarah menjadi lebih umum selama musim hujan. Agar tetap sehat dan kuat melawan penyakit-penyakit tersebut, ada beberapa ramuan herbal alami yang bisa Anda tambahkan ke dalam rutinitas hidup Anda. Simak ulasan berikut ini.

6 Herbal untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

1. Kunyit

Kunyit, dengan warna kuning keemasannya, adalah bumbu yang umum digunakan dalam masakan Indonesia. Ketika ditambahkan ke dalam susu panas, kunyit dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cepat.

Selain itu, kunyit juga memiliki sifat penyembuhan untuk luka dan mampu meredakan nyeri tubuh kronis yang umum terjadi selama musim hujan.

2. Giloy

Giloy dikenal sebagai ramuan ajaib untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, ia juga membantu dalam detoksifikasi kulit, menjaga tekstur kulit tetap bersinar selama musim hujan. 

Agen hipoglikemiknya membantu dalam mengontrol diabetes tipe 2, sementara antioksidannya melawan radikal bebas dan membersihkan racun dari tubuh.

3.  Triphala

Triphala merupakan ramuan tradisional yang bermanfaat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, termasuk pilek, batuk, diare, asma, dan demam. Kandungan amla di dalamnya kaya akan vitamin C, yang membantu menyembuhkan flu parah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut