get app
inews
Aa Read Next : 6 Herbal untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujan, Bisa Ditemukan di Dapur

Manfaat Bawang Putih Direndam Madu, Turunkan Tekanan Darah hingga Cegah Jerawat

Jum'at, 29 Desember 2023 | 09:32 WIB
header img
Manfaat bawang putih direndam madu untuk kesehatan. (foto: ilustrasi/alodokter)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Herbal bawang putih putih direndam dengan madu sedang tren saat ini. Rupanya, ramuan ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat populer di Indonesia. Bawang putih membuat makanan menjadi semakin wangi dengan aroma khasnya.

Selain sebagai bumbu dapur, ada tren baru di kalangan masyarakat saat ini di mana bawang putih direndam dengan madu. Resep ini ramai diperbincangkan di media sosial. 

Penyebabnya, ramuan ini diklaim memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber Jumat (29/12/2023), berikut 5 manfaat bawang putih direndam dengan madu.

1. Menurunkan Tekanan Darah 

Manfaat pertama bawang putih direndam madu adalah menurunkan tekanan darah. Sebuah studi meta-analisis tahun 2020 menemukan suplemen yang terkandung dalam bawang putih bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. 

Para peneliti mengaitkan efek bawang putih dengan penurunan risiko kejadian kardiovaskular sebesar 16%-40%. Analisis tersebut mencatat bahwa efek bawang putih mirip dengan beberapa obat tekanan darah namun dengan efek samping lebih sedikit. 

Kandungan allicin dalam bawang putih dapat membatasi produksi angiotensin II, hormon yang meningkatkan tekanan darah. Ini juga dapat mengendurkan pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih mudah. 

2. Meningkatkan Fungsi Otak 

Manfaat bawang putih direndam madu selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan otak berkat sifat antioksidan dan antiinflamasi. Bawang putih efektif melawan penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer dan demensia. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut