get app
inews
Aa Read Next : Khasiat Air Kelapa untuk Kesehatan, Efektif Turunkan Berat Badan

6 Makanan Mengandung Karbohidrat Pengganti Nasi, Cocok untuk Menu Diet Sehat

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 07:52 WIB
header img
Makanan mengandung karbohidrat pengganti nasi. (foto: ist)

4. Kentang

Kentang sudah dikenal oleh banyak orang sebagai makanan pengganti nasi. Selain karbohidrat, kentang juga mengandung banyak gizi seperti vitamin B6, vitamin C, kalsium, dan magnesium. Dalam 100 gram kentang mengandung 12,4 gram karbohidrat dan kalori sebesar 58 kkal. Angka ini masih jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih yang dapat mencapai 28 gram karbohidrat dengan 129 kkal kalori. Agar lebih sehat, kentang dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus, tanpa tambahan minyak.

5. Ubi 

Dalam 100 gram ubi memiliki 20,1 gram karbohidrat dengan kalori sebesar 86 kkal. Angka yang mendekati nasi putih namun masih lebih rendah. Rasanya yang manis dapat menjadi makanan pengganti nasi yang sedap. Sama halnya dengan kentang, ubi dapat dimasak dengan cara direbus dan dikukus. Lebih baik jika tidak menambahkan bahan tambahan apa pun pada ubi seperti gula. 

6. Jagung 

Sebagian masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan nasi jagung. Jagung juga menjadi salah satu makanan pokok di beberapa wilayah Indonesia. Dalam 100 gram jagung, terdapat 18,7 gram karbohidrat dan 86 kkal kalori. Jagung juga kaya akan serat yang dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi dan menjaga berat badan. Tentunya jagung menjadi makanan yang cocok bagi yang sedang diet.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut