get app
inews
Aa
Read Next : Sri Mulyani Sebut Harga BBM Bisa Naik 3 Kali Lipat jika Masyarakat Tak Bayar Pajak

Siap-siap, Pemerintah Isyaratkan Kenaikan Harga BBM dalam Waktu Dekat

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 04:57 WIB
header img
Pemerintah isyaratkan kenaikan harga BBM dalam waktu dekat. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pemerintah mengisyaratkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam waktu dekat. Karena itu, rakyat diminta bersiap lantaran beban subsidi energi yang ditanggung APBN sudah tahap kritis.

Menteri Invetasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, mengatakan, APBN tak bisa terus menanggung subsidi energi di tengah melonjaknya harga minyak dunia.

Karena itu, dia meminta masyarakat untuk bersiap jika harga BBM dinaikkan dalam waktu dekat. 

"Sampai kapan APBN kita kuat menghadapi subsidi yang begitu tinggi, rasa-rasanya sih untuk menahan terus dengan harga BBM sekarang, feeling saya, kita harus siap siap," kata Bahlil, dalam konferensi pers di kantornya, Jumat (12/8/2022). 

Bahlil menjelaskan, harga minyak di APBN berada di angka 63-73 dolar AS per barel, sedangkan harga minyak sejak Januari hingga Juli sudah berada di angka 105 dolar AS per barel. Dengan demikian, jika pemerintah terus meemberikan subsidi dengan menutupi selisih harga minyak di APBN dengan harga minyak dunia saat ini, otomatis belanja negara untuk kebutuhan BBM dalam negeri bakal melonjak. 

"Kalau harga minyak diatas 100 dolar per barel, kemudian dengan asumsi rupiah kita Rp14.500 per dolar, kuota kita dari 23 juta kilo liter menjadi 29 juta kilo liter, maka akan terjadi penambahan subsidi, hitungan kami bisa sampai Rp600 triliun," ujar Bahlil. 

Dia menjelaskan, kalau pemerintah terus menetapkan harga BBM yang sama seperti saat ini dalam arti tidak menaikan harga BBM, maka APBN bakal terus membengkak hanya untuk mensubsidi BBM.  

Di satu sisi banyak proyek pemerintah yang saat ini tengah dikerjakan yang menggunakan APBN dan ditargetkan selesai rampung pada tahun 2024, seperti pembanguan IKN Nusantara dan proyek infrastruktur lainnya. 

"Kalau kenaikan BBM itu terjadi, karena Rp600 tirliun itu hampir sama dengan hampir 25 persen, jadi total pendapatan APBN kita dipakai untuk Subsidi, ini tidak sehat," tutur Bahlil.

Hal tersebut diamin Menteri Keuangan Sri Mulyani. Menurut dia, subsidi selama menjadi penopang utama untuk menjaga harga BBM. Menkeu menyebut ada beberapa indikator untuk mengukur kapasitas anggaran subsidi energi dalam menjaga kestabilan harga. Namun ia tidak menyinggung terkait potensi kenaikan harga BBM. 

“APBN subsidi dan lain lain kita sampaikan waktu itu, jadi nanti kita lihat volume, harga, nilai tukar, itu mempengaruhi, tapi kita akan lihat perkembangan yang ada di dunia,” kata Sri Mulyani, kepada wartawan setelah menghadiri acara UMKM Week di Kantor Pusat Bea Cukai, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut