get app
inews
Aa Read Next : Anies Baswedan Temui Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Ini yang Dibahas

Panglima Jenderal Andika Perkasa Berang Perwira Tinggi Tembak Mati Enam Kucing di Sesko TNI

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:26 WIB
header img
Bangkai kucing yang ditembak mati Brigjen NA di lingkungan Sesko TNI Bandung, Jawa Barat. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ulah seorang perwira tinggi menembak mati enam kucing di lingkungan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI di Bandung, Jawa Barat membuat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berang. Dia memerintahkan Brigjen NA diproses hukum.

Instruksi itu menyusul viralnya penemuan enam bangkai kucing di dekat Sesko Jalan Martanegara, Kecamatan Lengkong. Kucing-kucing tersebut diduga mati karena ditembak seorang seorang jenderal bintang satu berinsial NA. 

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Prantara Santosa menjelaskan, yang bersangkutan sudah menjalani pemeriksaan dan mengaku menembak mati kucing-kucing tersebut untuk membersihkan lingkungan Sesko TNI

"Berdasarkan pengakuan-nya, Brigjen TNI NA melakukan tindakan ini dengan maksud menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggal atau tempat makan Perwira Siswa Sesko TNI dari banyak-nya kucing liar dan bukan karena kebencian terhadap kucing," jelasnya kepada wartawan, Kamis (18/8/2022). 

Meski demikian, pihak Tim Hukum TNI tetap menindaklanjuti proses hukum Brigjen TNI NA atas perbuatannya. Dia dinyatakan terbukti melanggar Pasal 66 UU Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Pasal 66A, Pasal 91B UU nomor 41 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 18 tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Sebelumnya, penembakan kucing tersebut viral. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dimintai komentarnya oleh akun Instagram, @rumahsinggahclow juga berjanji akan menelusuri. 

"Saya telusuri dulu ya min. Hatur nuhun. Cc @kusuamaatmadja," tulis Ridwan Kamil. 
Penembakan terhadap kucing itu menuai kecaman para netizen. 

"Bismillah Ya Allah ketangkep pelaku nya segera !!! Kebiadab an manusia mengalahkan binatang (ikon menangis)," tulis @meisya_siregar. 

"Buka ig liat ini nyesek banget ati..ya allah (ikon menangis) adili seadil2nya buat orang2 yang nembak kucing2 ga berdosa ini," tulis @fitria9262.

Sedangkan netizen @amelia.pku1222021 menulis komentar, "Kawal sampai penjara dan jgn mau damai secara kekeluargaan krn bukan keluarga." 

@parlia_ela berkomentar, "Sangat sangat sedih kalo benar TNI melakukannya (ikon sedih)."

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut