get app
inews
Aa Read Next : Singgung Bansos Jokowi Jelang Pilpres 2024, Mahfud MD Sebut Politik Gentong Babi

Mahfud MD Klaim Hacker Bjorka Sudah Terindentifikasi: Tidak Punya Kemampuan Bobol Data

Rabu, 14 September 2022 | 13:17 WIB
header img
Menko Polhukam Mahfud MD mengklaim hacker Bjorka sudah teridentifikasi. (foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD mengklaim jika identitas hacker Bjorka sudah berhasil diidentifikasi Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri. 

Mahfud bahkan menyebut, Bjorka tidak memiliki kemampuan membobol data. Padahal, Bjorka sebelumnya sudah membeberkan sejumlah data pribadi orang-orang penting di Indonesia termasuk mengklaim milik Presiden Joko Widodo.

"Pelakunya sudah diidentifikasi oleh BIN bersama Polri tapi belum bisa diumumkan. Masih terus kita selidiki," jelas Mahfud di Kantor Menko Polhukam, Rabu (14/9/2022).  

Mahfud menjelaskan, tim khusus (timsus) perlindungan data untuk mengantisipasi peretasan memiliki alat untuk melacak sehingga bisa mengidentifikasi profil Bjorka.

Tidak hanya itu, Mahfud juga mengklaim jika hacker yang menjadi perhatian publik nasional itu tidak memiliki kemampuan membobol data. Alasannya, tidak ada rahasia negara yang diketahui bocor.

Menurut dia, data yang dipaparkan Bjorka di internet selama bisa didapatkan oleh seseorang tanpa kemampuan di bidang hacking datang.

"Bjorka ini tidak punya keahlian atau kemampuan membobol data. Jadi masyarakat tidak usah panik karena sebenarnya sampai detik ini itu belum ada rahasia negara yang bocor," pungkasnya.

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Mahfud MD: Bjorka Ini Sebenarnya Tak Punya Kemampuan Bobol Data)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut