get app
inews
Aa Read Next : Viral Sopir Taksi Online Culik dan Peras Penumpang Rp100 Juta, Korban Lompat dari Mobil di Jalan Tol

Sudah Dikubur Puluhan Tahun, Ratusan Jasad di Cilegon Masih Utuh dan Wangi

Selasa, 20 September 2022 | 09:39 WIB
header img
Ilsutrasi pembongkaran makam. (foto: ist)

CILEGON, iNewsKutai.id - Kejadian sulit diterima nalar terjadi di Kota Cilegon, Banten. Ratusan jasad yang sudah dikuburkan puluhan tahun, ternyata masih utuh saat makam dibongkar.

Kejadian yang viral di media sosial itu diketahui di Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon pada 25 Agustus lalu. Pembongkaran makam dilakukan karena seluruh jasad hendak dipindahkan.

Lahan pekuburan tersebut ditukar guling untuk perluasan pabrik kimia. Pengurus Fasum Fasos Cilodan, Mahrij menyebutkan, sebanyak 319 makam berhasil ditemukan dan jasadnya dibongkar untuk dipindahkan.

Pada proses pembongkaran tersebut, warga kemudian menemukan ratusan jasad yang masih utuh. "Dari 319 makam yang dibongkar untuk dipindahkan, ada sebanyak 152 jasad yang kondisi masih utuh," jelas Mahrij.

Dia menjelaskan, pemakaman tersebut awalnya merupakan lahan pondok pesantren yang juga dijadikan tempat pemakaman umum. Setiap warga yang meninggal, pasti dimakamkan di wilayah tersebut. 

Salah seorang warga, Safi'ah mengaku ada jasad ibu dan kakaknya yang dipindahkan. Dia mengaku, pemindahan jasad ini dilakukan warga secara gotong royong.  "Semua kondisinya masih utuh," ujarnya.

Selain kondisi jasad yang masih utuh, selama prosesi pemindahan jasad tersebut juga tercium aroma yang sangat wangi. Saat ini jasad-jasad itu telah dipindahkan di wilayah Anyer, Kabupaten Serang.


(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : Cilegon Gempar, Ratusan Jasad Ditemukan Masih Utuh Setelah Terkubur Puluhan Tahun)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut