Cara Buat KTP Digital lewat Handphone, Modal NIK dan Email

Aan Haryono
.
Kamis, 22 September 2022 | 06:56 WIB
Cara buat KTP digital di handphone. (fot0: ist)

SURABAYA, iNewsKutai.id - Cara buat Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital lewat handphone patut diketahui seiring dimulainya penerapan KTP digital. Surabaya menjadi kota pertama yang mengimplementasikan kkebijakan tersebut.

Untuk membuat KTP digital ternyata cukup mudah dan bisa dilakukan lewat handphone. Cukup bermodal nomor induk kependudukan (NIK), email, dan nomor ponsel.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji menjelaskan, untuk membuat KTP digital, masyarakat harus mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital milik Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri. 

Aplikasi tersebut digunakan untuk melakukan pengisian data mulai dari NIK, e-mail, dan nomor ponsel. Selain itu, warga juga diwajibkan untuk melakukan pencocokan foto diri sesuai dengan KTP-el.

“Jika data sesuai, warga akan masuk pada tahapan scan QR Code, yang dapat diperoleh di 31 kecamatan maupun di Mal Pelayanan Publik (MPP) Siola. Perangkat pemohon akan diawetkan dengan petugas, guna pencocokan data. Jika proses ini berhasil, maka pemohon akan melakukan aktivasi akun yang dikirimkan melalui e-mail,” ujarnya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini