Logo Network
Network

Meriahkan Pesta Adat Erau, 11 Olahraga Tradisional Dipertandingkan

Emy Adawiyah
.
Minggu, 25 September 2022 | 05:54 WIB
Meriahkan Pesta Adat Erau, 11 Olahraga Tradisional Dipertandingkan
11 olahraga tradisional dipertandingkan untuk memeriahkan Pesta Adat Erau di Kota Tenggarong. (foto: pemkab kukar)

TENGGARONG, iNewsKutai.id – Pemkab Kutai Kartanegara menggelar pertandingan olahraga tradisional untuk memeriahkan Pesta Adat Erau Benua Pelas 2022. Sedikitnya 11 olahraga tradisional akan dikompetisikan mulai Minggu (25/9/2022) hingga 29 September 2022 mendatang di Kota Tenggarong.

Adapun olahraga tradisional yang akan dipertandingkan yakni Betisan/Enggrang dan Belogo di halaman Planetarium Jagad Raya. Selain itu, di tempat yang digelar lomba Begasing, Ketapel, dan Kelom Panjang/Bakiak. Sedangkan di lapangan sepak bola Panji digelar pertandingan panahan.

Sementara di Museum Mulawarman digelar adu kekuatan tim saling mendorong kedua ujung sisi bambu dalam permainan Dagongan. Selain iti juga dimainkan olahraga tradisional Hadang.

"Ada 11 Olahraga tradisional yang kami pertandingkan untuk memeriahkan Erau tahun ini. Semua olahraga tradisional akan dimainkan mulai pukul 08.00 WITA," jelas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar Aji Ali Husni dikutip dari laman Pemkab Kukar, Sabtu (24/9/2022).

Dia menjelaskan, untuk permainan Behempas Bantal yakni mempertahankan posisi di atas palang kayu dalam permainan akan digelar di halaman Museum Mulawarman, pada Selasa (27/9/2022). Sementara untuk pertandingan menyumpit digelar di Planetarium Jagad Raya.

“Selain memeriahkan Erau 2022, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi sekaligus upaya mempertahankan olahraga tradisional yang ada di Kukar,” ujarnya.

Adapun peserta pertandingan olahraga trdisional tersebut yakni dari pihak kecamatan, kelurahan/desa di Kukar, dan klub olahraga tradisional se-Kaltim.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini