get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pesta Adat Erau, Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Gelar Khataman Alquran

Ditandai Pendirian Tiang Ayu, Rangkaian Pesta Adat Erau 2023 Resmi Dimulai

Senin, 25 September 2023 | 06:47 WIB
header img
Penyulutan Api Brong atau obor khas Kutai oleh unsur Forkopimda pada pembukaan Pesta Adat Erau 2023. (foto: ist)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Rangkaian pesta adat Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara Tahun 2023 resmi dimulai, Minggu (24/9/2023). Pelaksanaan Erau ditandai dengan pendirian Tiang Ayu di Stadion Rondong Demang.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemukulan gong dan pembacaan titah oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Arifin dengan tema 'Semangat IKN Nusantara Menjaga Adat Dan Tradisi Budaya'.

Pembukaan Erau kemudian dilanjutkan dengan kirab budaya dari 20 kecamatan yang ada di Kukar serta organisasi kemasyarakatan dan paguyuban di Kukar.

Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan ritual penyulutan Api Brong atau obor khas Kutai oleh unsur Forkopimda dan disaksikan langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Arifin. Acara Erau ini akan berlangsung hingga 2 Oktober 2023 mendatang.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya mengatakan Erau berasal dari kata Eroh yang berarti ramai, riuh, dan penuh suka cita. Erau pada prinsipnya adalah pesta adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang dilaksanakan untuk memberikan hiburan kepada rakyat Kutai Kartanegara dan sekitarnya, serta dalam rangka memperingati hari jadi kota Tenggarong ke-241.

Pelaksanaan Erau juga menjadi wujud komitmen Pemkab Kukar bersama Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura untuk pelestarian adat lawas Kutai Kartanegara yang menjadi salah satu identitas sosial yang mempersatukan setiap subkultur masyarakat yang ada.

“Saya ucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pihak, semoga ini menjadi bagian dari kerja bersama kita untuk menjaga tradisi dan budaya leluhur kita di tanah Kutai di Kabupaten Kutai Kartanegara,” ucap Edi Damansyah dikutip dari laman Pemkab Kukar.

Edy juga mengapresiasi seluruh masyarakat Kukar yang telah hadir menyaksikan pembukaan Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara. Dia mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk datang beramai-ramai menyaksikan setiap pentas seni pertunjukan dipanggung-panggung pentas seni yang telah disiapkan oleh pihak panitia penyelenggara Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara tahun 2023.

"Dalam waktu sepekan kedepan ini, kami mengundang dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk hadir bersama-sama, menyaksikan dititik-titik tempat pentas terbuka, tampilan-tampilan seni budaya yang ada di 20 kecamatan diwilayah Kabupaten Kukar,” pungkas Edi Damansyah.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut