get app
inews
Aa Read Next : Dear Mi Instan Lovers, Sayangi Ginjalmu, Segera Batasi Konsumsi Mi Instan

Kabar Baik, Fungsi Ginjal pada Anak Terkena Gangguan Ginjal Akut Bisa Pulih Total

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 08:04 WIB
header img
Fungsi ginjal pada anak yang terkena gangguan ginjal akut bisa pulih total. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kabar baik berhembus di tengah muncuhnya penyakit gangguan ginjal akut misterius pada anak-anak. Fungsi ginjal akibat penyakit tersebut dipastikan bisa pulih total.

Berdasarkan data terbaru Kementerian Kesehatan, kasus gangguan ginjal akut sudah menyentuh angka 152 anak. Mereka tersebar di 14 provinsi. Sejauh ini, Kemenkes belum bisa memastikan penyebab penyakit ginjal misterius tersebut.

Meski demikian, orang tua yang anaknya terkena gangguan ginjal akut diminta tidak berkecil hati. Pasalnya, fungsi ginjal pada anak yang terpapar dipastikan bisa pulih jika mendapatkan penanganan medis.

Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) mengatakan ginjal pasien anak bisa pulih total. Menurutnya, dari hasil pengamatan, setelah pasien sembuh, mayoritas fungsi ginjalnya kembali normal.

Karena bisa pulih total, pasien yang sudah dinyatakan sembuh tidak memerlukan terapi jangka panjang. Meski demikian, beberapa pasien tetap diminta terapi rawat jalan untuk hasil pengobatan yang lebih baik.

"Untuk pemulihan total, diperkirakan butuh waktu hingga tiga bulan. Jadi setelah pasien pulang dari rumah sakit, tetap diminta untuk menjalani terapi dengan rawat jalan untuk memastikan kesehatannya," kata dr Eka dalam konferensi pers virtual, Jumat (14/10/2022).

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut