get app
inews
Aa Read Next : Setelah Korea, Kaltim Ekspor Perdana Rumput Laut ke China

Pidato di Kongres Partai Komunis China, Xi Jinping Janji Rebut Kembali Taiwan

Minggu, 16 Oktober 2022 | 13:31 WIB
header img
Presiden Xi Jinping berjanji akan merebut kembali Taiwan meski harus menggunakan kekuatan militer. (Foto: Reuters)

BEIJING, iNewsKutai.id - Presiden Xi Jinping berjanji akan merebut kembali Taiwan meski harus menggunakan kekuatan militer. Dia menegaskan akan memakai semua opsi untuk mewujudkan reunifikasi China.

Penegasan itu disampaikan Xi Jinping dalam pidatonya dalam Kongres Partai Komunis China (PKC), Minggu (16/10/2022). Dia menyatakan jika masalah Taiwan adalah urusan dalam negeri China dan tak akan melepaskan hak atas wilayah kepulauan yang dipisahkan Selat Taiwan tersebut.

Xi yang terpilih sebagai presiden China untuk ketiga kalinya mengaku telah berjuang keras dan melakukan yang terbaik untuk mewujudkan reunifikasi. Termasuk menggunakan jalan dan niat tulus sebagai satu China.

Dia pun mengingatkan pihak asing untuk tidak ikut campur dalam masalah Taiwan. Xi menyatakan jika Taiwan adalah urusan rakyat China dan terserah rakyat China untuk memutuskan. 

"Kami selalu melakukan upaya terbaik, tetapi kami tidak akan pernah meninggalkan janji untuk menghentikan penggunaan kekuatan serta menyimpan opsi, melakukan semua tindakan yang diperlukan," tuturnya di Aula Besar Rakyat di Beijing, dikutip dari Reuters. 

Opsi yang dimaksud Xi ditujukan terhadap campur tangan kekuatan asing serta sejumlah kecil pendukung kemerdekaan Taiwan. 

"Roda sejarah reunifikasi nasional dan peremajaan nasional sedang bergulir ke depan. Reunifikasi penuh ibu pertiwi harus dicapai, dan harus dicapai," ujarnya.

Dia mengatakan, China akan mempercepat pembangunan militer kelas dunia serta memperkuat kemampuan dalam pencegahan strategis.

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Xi Jinping Tegaskan China Akan Rebut Taiwan, Percepat Bangun Militer Kelas Dunia)

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut