get app
inews
Aa Read Next : Ada-ada Saja, Kota di Eropa Sewa Dukun Atasi Bencana Kekeringan

Giorgia Meloni Cetak Sejarah, Jadi Perdana Menteri Perempuan Pertama Italia 

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 21:06 WIB
header img
Giorgia Meloni menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Perdana Menteri Italia. (foto: yahoo)

ROMA, iNewsKutai.id - Giorgia Meloni (45) mencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang menjadi perdana menteri (PM) Italia. Pemimpin Partai  Nasionalis Persaudaraan Italia itu diangkat menjadi PM setelah membawa partainya meraih kemenangan dalam pemilu September lalu. 

Meloni dilantik sebagai PM, Sabtu (22/10/2022) bersama tim kabinetnya. Pemerintahan Meloni menggantikan koalisi Persatuan Nasional yang dipimpin mantan kepala Bank Sentral Eropa Mario Draghi.  

"Saya bersumpah untuk setia kepada republik," kata Meloni, sebelum berjabat tangan dengan Presiden Sergio Mattarella, dikutip dari Reuters. 

Pada pemilu lalu, Meloni berkoalisi dengan beberapa partai, di antaranya Forza Italia yang dipimpin mantan PM Italia Silvio Berlusconi. Pemerintahan Meloni sendiri sudah ditunggu sejumlah tantangan berat di tengah ketidakpastian di Benua Eropa.

Mulai dari ancaman resesi, membengkaknya ongkos energi, serta ujian persatuan dalam koalisi terkait perang Ukraina. Meloni menjanjikan memberikan dukungan penuh terhadap Ukraina, namun Berlusconi berulang kali meremehkannya serta cenderung membela Rusia. 

Dalam pernyataan pada awal pekan ini Berlusconi menyalahkan Ukraina atas invasi Rusia. Dia juga blak-blakan bertukar hadiah dan surat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang juga teman lamanya. 

Sementara itu dalam susunan kabinet, Meloni menyusun pemerintahan yang mengakomodasi kepentingan koalisi. Dia memberikan lima pos kementerian masing-masing untuk Liga yang dipimpin Matteo Salvini dan tentu saja Forza Italia. Sembilan pos kabinet lain diberikan untuk partainya.

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Pertama dalam Sejarah Italia Dipimpin Perdana Menteri Perempuan, Giorgia Meloni)

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut