get app
inews
Aa Read Next : Mengandung Pestisida, 4 Ton Mi Instan Indonesia Ditolak Masuk Taiwan

Waduh, Makanan Tercemar Pestisida Pengaruhi Kejantanan, Bikin Pria Jadi Melambai

Selasa, 15 November 2022 | 09:24 WIB
header img
Bahan makanan tercemar pestisida bisa bikin pria melambai. (Foto: ilustrasi/Istimewa)

YOGYAKARTA, iNewsKutai.id - Dampak mengejutkan paparan pestisida pada bahan makanan kembali terungkap. Cemaran bahan kimia tersebut ternyata meningkatkan hormon feminim sehingga menurunkan kejantanan pria.

Pada jangka panjang, paparan pestisida ini membuat perilaku seorang pria menjadi melambai atau menyerupai perempuan.

Hal tersebut dipaparkan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Arif Satria disela launching program Patriot Pangan di UGM, Senin (14/11/2022). Dalam paparannya, dia menyebut, residu pestisida yang menempel pada makanan dapat meningkatkan hormon feminim.

"Dari hasil penelitian, ketika manusia mengkonsumsi makanan yang masih mengandung residu pestisida ini bisa meningkatkan hormon feminim," kata dia saat memberikan sambutan 

Menurut dia, dalam jangka waktu lama, hal ini akan berdampak buruk pada seorang pria. Peningkatan hormon feminim ini bisa mempengaruhi perilaku sehingga bersikap seperti perempuan. Cemaran pestisida ini yang diduga membuat banyak pria saat ini berperilaku cenderung menyerupai perempuan.

Prof Arif menjelaskan, kemunculan banyak aktor yang melambai bisa dijelaskan secara sains karena salah satu faktornya adalah mengkonsumsi residu pestisida pada bahan makanan.

Dia pun tidak menampik jika keamanan pangan masih menjadi masalah serius di Indonesia. Penggunaan pestisida dan pupuk kimia yang tidak terkendali membuat banyak tanaman pangan tercemar. 

Padahal, paparan pestisida tersebut rawan memicu beragam masalah kesehatan. Namun begitu, ia sendiri menyadari bahwa peralihan sistem pertanian berbasis kimia ke organik membutuhkan waktu yang sangat panjang. 

"Memang agak berat karena selama puluhan tahun, para petani sudah memiliki ketergantungan terhadap pupuk berbahan kimia. Ini yang harus diubah untuk keamanan pangan kita," ujarnya.

Menurutnya perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan kontribusi terhadap persoalan food safe ini. Saat ini, IPB tengah melakukan pembinaan terhadap komunitas petani organik di Jawa Barat.

Upaya ini dilakukan untuk menghasilkan produk pertanian yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Sebab, bahaya residu pestisida ini dapat mempengaruhi kualitas kesehatan generasi Indonesia di masa yang akan datang. 

"Banyak hal yang menurut kita ini sesuatu yang kecil, tetapi sebetulnya dampak yang timbul itu sistemik dan luar biasa karena berkaitan dengan generasi Indonesia," kata Arif.

Rektor IPB Sebut Residu Pestisida Bisa Bikin Pria Jadi Melambai

(Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul : Rektor IPB Sebut Residu Pestisida Bisa Bikin Pria Jadi Melambai)

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut