get app
inews
Aa Read Next : Gempa Tuban Bikin Kalimantan Bergetar, Warga Banjarmasin Panik Berhamburan Keluar Rumah

Terungkap, Ini Penyebab Gempa Cianjur Telan Banyak Korban Jiwa

Jum'at, 25 November 2022 | 07:47 WIB
header img
Warga Cianjur berhamburan keluar rumah menyusul gempa susulan Jumat (25/11/2022) dini hari. (Foto: DOK.iNews.id)

CIANJUR, iNewsKutai.id - Penyebab gempa Cianjur menelan banyak korban jiwa dan merusak puluhan ribu bangunan terungkap. Getaran gempa berkekuatan magnitudo 5,6 itu menjadi peringatan bagi ahli konstruksi di Indonesia.

Gempa bumi di Cianjur pada (21/11/2022) lalu `sudah menelan 268 kematian dan ratusan lainnya masih dalam perawatan maupun dinyatakan hilang. Selain itu, ada 22.000 bangunan yang mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Padahal, gempa yang terjadi pada siang hari tersebut kekuatannya masih lebih kecil dibanding gempa yang sebelumnya terjadi di Indonesia. Dilansir dari Conversations Jumat (25/11/2022), penyebab utama gempa bumi CIanjur memiliki daya hancur karena kedalamannya cukup dangkal.

Gempa itu terjadi di kedalamannya 10 km. Conversations dalam laporannya menyebut, kekuatan dan jarak menjadi faktor utama yang menentukan intensitas guncangan tanah yang disebabkan oleh gempa bumi. 

Gempa bumi besar dengan kedalaman lebih dari 50 km dapat menyebabkan kerusakan yang luas, tetapi intensitas guncangan berkurang karena gelombang seismik berjalan setidaknya 50 km sebelum mencapai ke permukaan. 

Salah satu contohnya gempa Tasikmalaya berkekuatan magnitudo 6,5 pada 2017 lalu yang terjadi pada kedalaman 90 km. Gempa itu hanya mengakibatkan 4 orang dan merusak 4.826 rumah. 

Sedangkan gempa Cianjur, meskipun hanya berkekuatan 5,6 skala Richter, namun energi yang dilepaskan lebih besar sehingga daya rusaknya cukup besar.Gempa Cianjur memiliki dampak yang lebih besar karena terjadi dalam jarak beberapa kilometer dari kota Cianjur, dengan guncangan yang dikategorikan “parah” – (Skala 8 menurut menurut skala yang dibuat oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli. 

Perbandingan serupa dapat dilakukan dengan gempa zona yang terjadi di lepas pantai. Meskipun ukurannya bisa jauh lebih besar daripada gempa Cianjur, gempa jenis ini umumnya berjarak 100 km atau lebih dari pusat populasi, sehingga menyebabkan lebih sedikit korban jiwa akibat keruntuhan bangunan.

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : Ahli Beberkan Penyebab Utama Gempa Bumi Cianjur Merusak dan Mematikan)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut