get app
inews
Aa Read Next : Dua Insinyur Indonesia Dituduh Curi Teknologi Jet Tempur Canggih Korsel KF-21

Perbatasan Diterobos Drone Korut, Jet Tempur Korea Selatan justru Kejar Kawanan Burung 

Rabu, 28 Desember 2022 | 08:27 WIB
header img
Jet tempur Korea Selatan salah sasaran setelah mengejar kawanan drone yang dikira drone Korut. (Foto: Ilustrasi/SindoNews)

SEOUL, iNewsKutai.id - Insiden memalukan dialami angkatan udara Korea Selatan. Penyebabnya, sejumlah pesawat tempur dan helikopter yang ditugaskan menghalau drone Korea Utara, justru salah sasaran.

Alih-alih menemukan lima pesawat tak berawak milik Korut yang melintasi langit Korsel, pesawat tempur mereka justru salah mengidentifikasi dan mengejar kawanan burung yang dikira drone.

Dilansir Russia Today, insiden memalukan itu dilaporkan media lokal Korsel yang mengutip pernyataan Kepala Staf Gabungan (JCS) Korsel. Dalam laporannya, Angkatan Udara Korsel telah melacak dan melakukan pengejaran selama tiga jam sebelum akhirnya menyadari salah sasaran. 

Kesalahan itu terjadi setelah lima drone pengintai Pyongyang melintasi perbatasan pada Senin, dengan satu diantaranya berhasil mencapai bagian utara Ibu Kota Korsel itu. 

Media Korsel melaporkan, militer memberi tahu otoritas lokal di Distrik Ganghwa, sebelah barat Seoul, bahwa sebuah drone terlihat di daerah tersebut. Pemerintah setempat kemudian memperingatkan melalui pesan teks sekitar pukul 15:00 waktu setempat, mendesak mereka untuk mengambil tindakan pencegahan. 

"Tapi akhirnya gangguan itu dinilai sebagai kawanan burung, bukan pesawat tak berawak Korea Utara," kata seorang pejabat di JCS seperti dikutip oleh media Korea yang dikutip Russia Today, Selasa (27/12/2022). 

Menurut Korea Herald, sistem pertahanan udara Korsel kebobolan karena tidak dapat mendeteksi drone Korut. Sementara jet tempur dan helikopter gagal mencegat salah satu dari mereka. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut