get app
inews
Aa Read Next : Satelit Mata-mata Rusia Bikin Ketar-ketir Amerika Serikat, Nyaris Tabrak Satelit NASA

Bukan Amerika Serikat, 4 Negara Ini yang Diprediksi Kuasai Dunia di Masa Depan

Rabu, 04 Januari 2023 | 08:42 WIB
header img
Empat negara diprediksi akan menguasai dunia di masa depan. (foto: ilustrasi/reuters)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Dominasi Amerika Serikat (AS) dikancah global diprediksi akan runtuh di masa depan. Ada 4 negara yang diprediksi menggantikan AS sebagai negara adikuasa.

AS muncul sebagai negara superpower pasca Perang Dunia II. Negeri Paman Sam sangat berkuasa dalam tatanan politik internasional bahkan konstalasi politik internal sebuah negara. 

Namun, dominasi itu diprediksi akan segera dipatahkan sejumlah negara yang memiliki modal untuk menjadi negara besar yang tidak kalah dengan Amerika Serikat. Dirangkum dari berbagai sumber Rabu (4/1/2023), setidaknya ada 4 negara yang diprediksi akan menjadi penguasa dunia.

1. China 

China sudah mulai menunjukkan dominasinya atas negara Barat dalam 20 tahun terakhir. Hampir seluruh sektor industri perdagangan dunia kini berhasil dikuasai Negeri Tirai Bambu itu.

Investasi yang digelontorkan China bisa ditemui di Afrika hingga Asia dan menguasai sektor-sektor strategis. China juga gencar dalam peningkatan teknologi yang menjadi modal menjadi raksasa dunia. 

2. Rusia 

Rusia sudah sejak lama berambisi menjadi negara terkuat di dunia. Rusia bahkan tidak segan-segan menginvasi negara lain yang potensial menjadi ancaman nasional. Terbaru adalah Ukraina yang mencoba memprovokasi dengan menjadi anggota NATO.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga membangun ikatan ekonomi dan politik dengan Brasil, Rusia, India, China, serta Afrika Selatan yang tergabung dalam negara BRICS. 

Rusia membentuk ekonomi dan sosial yang baru dan kuat dengan nama New Development Bank (NDB) yang mungkin akan memberikan kekuatan bagi Rusia untuk menjatuhkan dominasi Eropa dan Amerika dalam pasar global. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut