get app
inews
Aa Read Next : Duh! Harga Beras Bulog Naik Rp1.800 per Kilogram di Kalimantan

Stabilkan Harga Jelang Ramadan, Pemkot Samarinda Gelar Operasi Pasar Khusus Beras di 59 Kelurahan

Rabu, 08 Februari 2023 | 06:01 WIB
header img
Pemkot Samarinda akan menggelar operasi pasar khusus beras untuk menstabilkan harga jelang Ramadan. (foto: ilustrasi/ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pemkot Samarinda akan menggelar operasi pasar khusus beras di 59 kelurahan, pekan depan. Sebanyak 120 ton beras murah akan disalurkan ke masyarakat dalam operasi pasar kali ini.

 Plt Asisten II Abdullah menyatakan, pasar murah khusus beras ini digelar untuk menstabilkan harga yang cenderung terus naik menjelang bulan Ramadan. Saat ini, dari pantauan, harga beras paling murah berkisar pada angka Rp11.000 per kilogram.

Abdullah mengatakan, pada operasi pasar nanti, beras Bulog akan dijual dengan harga Rp8.600 per kilogram.

"Beras murah yang dijual pada operasi pasar pekan depan sudah dalam kemasan ukuran 5 kg dengan harga Rp43.000 atau sekitar Rp8.600 per kg," jelasnya di Balai Kota Samarinda, Selasa (7/2/2023).

Menurutnya, setiap kelurahan akan mendapatkan jatah antara 1 hingga 3 ton beras sesuai dengan luas wilayah dan jumlah penduduk. Semakin besar jumlah warga, pasokan beras untuk operasi pasar juga semakin banyak.

Untuk mekanisme, Abdullah mengatakan jika teknis penjualannya diserahkan sepenuhnya ke pihak kelurahan. Aparat kelurahan bertanggung jawab mengindentifikasi warga yang berhak menerima beras murah dengan mengacu pada status ekonomi.

"Beras ini dijual murah karena biaya pengangkutan dari Bulog menuju 59 kelurahan ditanggung Pemkot Samarinda sebesar Rp 30 juta. Kita berharap, operasi pasar ini bisa membantu warga mendapatkan beras dengan harga murah dengan kualitas yang baik," tuturnya.

Abdullah menambahkan, operasi pasar ini juga diharapkan bisa menekan angka inflasi di Samarinda. Pasalnya, kenaikan harga beras menjadi pemicu utama terjadinya inflasi di Kota Tepian sebesar 0,44 persen.

Kepala Dinas Perdagangan Samarinda, Marnabas Patiroy menambahkan, Bulog telah menyanggupi untuk mendistribusikan beras sebanyak 120 ton ke 59 kelurahan. Beras murah akan mulai disalurkan Senin pekan depan.

"Kami pastikan stok beras untuk Kota Samarinda aman karena daerah penghasil sudah mulai memasuki musim panen pada Maret," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Divisi Regional Bulog Samarinda Maradona Singal memastikan jika beras yang disalurkan dalam operasi pasar ini berkualitas baik yakni jenis beras medium.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut