get app
inews
Aa Read Next : Menang 4-2, Timnas Indonesia Patahkan Kutukan Lawan Singapura di National Stadium

Kalahkan Singapura 4-2, Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala AFF 2020

Sabtu, 25 Desember 2021 | 22:10 WIB
header img
Timnas Indonesia melaju ke babak final Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Singapura 4-2 pada semifinal leg 2 di National Stadium.

SINGAPURA, iNewsKutai.id - Tim nasional Indonesia menyegel satu tempat di babak final Piala AFF 2020 setelah menaklukkan Singapura 4-2 pada laga semifinal leg kedua, Sabtu (25/12/2021). 

Pada laga yang berlangsung di National Stadium, Indonesia kembali sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Ezra Walian pada menit 11. Tidak hanya itu, tim Merah Putih juga unggul jumlah pemain setelah Safuwan Baharuddin diusir wasit pada menit 42.

Namun, Indonesia kecolongan pada penghujung babak pertama. Song Ui-yong menyamakan kedudukan pada masa injury time setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Nadeo Argawinata.

Memasuki babak kedua, keunggulan jumlah pemain direspons pelatih Shin Tae-yong dengan menurunkan tiga pemain anyar, Elkan Baggott, Egy Maulana Vikry, dan Irfan Jaya.

Pada menit 67, Indonesia kembali unggul jumlah pemain setelah Irfan Fandi mendapat kartu merah setelah melanggar Irfan Jaya. Situasi ini membuat tim Garuda bernafsu menyerang.

Namun, keasyikan menyerang, Indonesia malah tertinggal setelah Shahdan Sulaiman memaksimalkan set piece pada menit 74. Sepakannya mengarah pada tiang jauh tidak mampu dijangkau Nadeo.

Tertinggal 1-2, Rahmat Irianto dkk terus menggempur pertahanan Singapura. Hasilnya, pada menit 87 Pratama Arhan akhirnya mampu menyamakan kedudukan. Petaka nyaris menghampiri Indonesia setelah Arhan melakukan pelanggaran.

Beruntung, Nadeo tampil gemilang dan menepis sepakan penalti. Skor imbang 2-2 bertahan hingga babak kedua berakhir.

Pada babak extra time, Indonesia kembali unggul 3-2 ketika pertandingan baru berjalan satu menit. Shawal Anuar salah mengantisipasi sepakan Egy sehingga sapuannya justru mengarah ke gawang sendiri.

Egy akhirnya menambahkan keunggulan Indonesia pada penghujung extra time pertama setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Hassan Sunny lewat skema sepak pojok. 

Penderitaan Singapura kembali bertambah setelah Hassan Sunny diganjar kartu merah setelah melanggar Irfan Jaya pada menit 119. Skor 4-2 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga babak extra time berakhir.

Dengan kemenanan ini, Indonesia akan menghadapi pemenang antara Vietnam vs Thailand di babak final Piala AFF 2020. Sesuai jadwal, leg pertama babak final akan digelar pada Rabu (29/12/2021) dan leg kedua Sabtu (1/1/2022).

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut