get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Tenggarong Kutai Kartanegara dan Sekitarnya Jumat 29 Maret 2024

Kapan Malam Lailatul Qadar? Simak Tanda-tanda Alam Berikut Ini

Rabu, 05 April 2023 | 11:58 WIB
header img
Tanda-tanda malam Lailatul Qadar wajib diketahui umat Muslim menjelang akhir Ramadhan 1444 H. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Tanda-tanda malam Lailatul Qadar wajib diketahui umat Muslim menjelang akhir Ramadhan 1444 H. Lailatul Qadar sangat istimewa karena semua pahala ibadah pada malam  itu dilipatkangandakan melebihi seribu bulan.

Lailatul Qadar juga merupakan malam turunnya ayat-ayat pertama Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Lailatul Qadar dipercaya ada di malam ganjil pada 10 hari terakhir. Hal ini merujuk pada banyak hadist tentang malam istimewa tersebut.

Diceritakan oleh Aisyah (RA) bahwa Rasulullah (SAW) mengatakan: “Carilah Malam Qadar di malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Rasulullah mengabdikan diri untuk beribadah selama 10 malam terakhir bulan Ramadhan, lebih dari yang dilakukannya di waktu lain sepanjang tahun. Hal yang sama juga tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah (RA):

“Ketika memasuki sepuluh malam terakhir (Ramadhan), Rasulullah (SAW) tetap terjaga di malam hari (untuk sholat dan beribadah), membangunkan keluarganya, dan mempersiapkan diri untuk beribadah (dengan lebih semangat).” (HR. Muslim).

Untuk bisa mendapatkan pahala malam Lailatul Qadar, maka penting mengetahui tanda-tandanya.

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar:

1. Bulan Tampak Separuh Bulatan

Disebutkan bahwa pada malam yang mulia itu bulan tampak separuh bulatan. Hal tersebut sebagaimana termaktub dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah radhiyallahu anhu.

”Kami pernah berdiskusi tentang lailatul Qadar di sisi Rasulullah SAW, beliau berkata, “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan,” (HR. Muslim)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut