get app
inews
Aa Read Next : TNI AD Bangun 89 Titik Air di Kutai Kartanegara, Ditargetkan Aliri 1.636 Hektar Sawah

Intip Canggihnya Rutan Smart TNI AD: Kunjungan Kerabat via Virtual, Tahanan Diawasi Komputer

Selasa, 04 Januari 2022 | 07:08 WIB
header img
Rutan Smart, penjara tercanggih TNI AD dengan teknologi kecerdasan buatan (Foto: Kodam Jaya)

JAKARTA, iNews.id - Tidak banyak yang tahu jika TNI Angkatan Darat (AD) kini memiliki penjara canggih di Setiabudi, Jakarta Selatan. Namanya, Rumah Tahanan Smart yang dilengkapi teknologi kecerdasan buatan atau artificial Intelegence (AI).

Instalasi Tahanan Militer Pomdam Jaya itu diresmikan pada 20 April 2021 oleh Jenderal TNI Andika Perkasa yang saat itu masih menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). 

Nama penjara itu kembali mencuat ke publik setelah digunakan menahan perwira menengah TNI AD yang menjadi salah satu tersangka penabrak pasangan kekasih, Handi dan Salsabila, di Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Andika mengatakan pembangunan fasilitas ini memakan biaya sebesar Rp100 miliar yang diambil dari anggaran tahun 2020. Meskipun terhalang pemotongan anggaran akibat pandemi, rencana membangun instalasi tahanan militer ini masih tetap dapat terwujud.

Berdiri di atas tanah seluas 1.500 meter persegi, rutan ini dapat menampung hingga 83 warga atau prajurit binaan. Fasilitas yang berbasis Information Communication Technology (ICT) menjadikan rumah tahanan ini tidak perlu lagi dijalankan secara manual. 

Dengan teknologi tersebut, seluruh fasilitas dapat dikendalikan secara otomatis. Hal-hal seperti penguncian sel dan menyalakan serta mematikan lampu tidak lagi harus dilakukan secara manual.

Keberadaan Command Center di lantai 2 bangunan berfungsi untuk mendeteksi dan mengawasi para tahanan. AI digunakan sebagai perangkat terintegrasi guna memantau gerak-gerik tahanan.  

Penggunaan teknologi ini diklaim lebih aman dan telah didesain untuk menekan angka vandalisme, mengurangi potensi tahanan mencederai diri sendiri hingga perundungan, sehingga menjadikannya lebih manusiawi. 

Teknologi yang digunakan juga memungkinkan kerabat tahanan melakukan kunjungan secara virtual melalui website Pomdam Jaya dan dilakukan di satuan-satuan Polisi Militer. Meski demikian kunjungan langsung masih tetap dapat dilakukan dengan dibatasi kaca. 

Dengan demikian komunikasi antara tahanan dan pengunjung dilakukan lewat telepon.  Pada 2022, TNI AD menargetkan pembangunan satu fasilitas Rutan Smart Instalasi Tahanan Militer lagi. Lokasi yang menjadi prioritas adalah daerah yang padat prajurit TNI AD yakni Jawa Timur atau Jawa Barat.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut