get app
inews
Aa Read Next : Penetapan Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran: Anies-Cak Imin Hadir, Ganjar Pranowo Absen

Breaking News: Ganjar Pranowo Capres PDIP

Jum'at, 21 April 2023 | 13:49 WIB
header img
Ganjar Pranowo ditetapkan sebagai calon presiden PDIP. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ganjar Pranowo resmi ditetapkan sebagai calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang akan diusung pada pemilihan presiden (pilpres) 2024. 

Pengumuman Ganjar sebagai capres disampaikan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

"Menetapkan saudara Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Indonesia dari PDIP," kata Megawati.

Pengumuman Ganjar sebagai capres PDIP itu dihadiri langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terbang khusus dari Solo, pagi tadi. Sementara pengurus PDIP dari seluruh Indonesia mengikuti secara online via Zoom.

Penetapan gubernur Jawa Tengah itu sebagai capres PDIP lantaran elektabilitas Ganjar Pranowo hingga saat ini sangat tinggi. Ganjar menjadi satu-satunya kader PDIP yang bisa bersaing di Pilpres 2024.

"Saya sudah berdialog dengan Presiden Jokowi dan pengurus partai sebelum mengambail keputusan termasuk dengan Sekjen Hasto, Ketua DPP Puan Maharani dan Prananda Prabowo," tukasnya.

Tingkat keterpilihannya bersaing dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Isu penetapan Ganjar sebagai capres PDIP sebelumnya sudah santer beredar sejak Jumat pagi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan jika momentum untuk mengumumkan capres bisa kapan saja. Keputusan akan diambil dengan penuh pertimbangan, baik terhadap dinamika dunia maupun nasional.

Termasuk mempertimbangkan berbagai kriteria-kriteria kepemimpinan dan sebagainya. Karena itu, Hasto meminta seluruh anggota dan kader partai menyikapi dengan bijak berbagai isu capres dan cawapres belakangan ini. 

"Kami tegaskan kembali  keputusan capres PDIP akan diumumkan ketua umum Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat," tegas Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, Jumat (21/4/2023). 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut