get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Panas Landa Kutai Kertanegara, Rumah Warga Kota Bangun Disiram Air Antisipasi Kebakaran

Preteli Onderdil Excavator Senilai Rp30 Juta, Operator Alat Berat Asal Tenggarong Ditangkap Polisi

Kamis, 18 Mei 2023 | 13:47 WIB
header img
MSH, operator alat berat asal Tenggarong ditangkap karena mempreteli onderdil excavator. (foto: ilsutrasi/ist)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Air susu dibalas air tuba. Peribahasa ini layak disematkan kepada MSH, seorang pemuda asal Tenggarong, Kutai Kartanegara. Dipercaya menjadi operator alat berat, MSH justru mempreteli onderdil excavator yang dioperasikannya.

Dia membawa kabur trex dan excavator merek Hitachi senilai Rp30 juta. Pencurian itu terjadi di jalan perkebunan Desa Batu-Batu, Kukar, Kamis (11/5/2023) lalu.

Kapolsek Muara Badak Iptu Gatot Siswanto menjelaskan, pelaku merupakan operator alat berat dipercaya oleh korban untuk mengoperasikan excavator miliknya. Namun, kepercayaan korban dimanfaatkan dengan mempreteli alat berat yang dikemudikannya.

"Korban mengetahui komponen alat beratnya hilang setelah salah seorang warga mendapati excavator di Desa Batu-Batu dalam kondisi tidak bisa beroperasi. Ada dua komponen utama yang hilang," jelas Iptu Gatot dalam keterangannya, Kamis (18/5/2023).

Korban kemudian melaporkan insiden pencurian tersebut ke Polsek Muara Badak. Dalam laporannya, korban menyatakan mengalami kerugian Rp30 juta.

Polsek Muara Badak yang melakukan penyelidikan kemudian menangkap MSH (22) selaku operator alat berat tersebut. Pelaku yang ditangkap di Tenggarong kemudian digiring ke Muara Badak untuk menjalani pemeriksaan.

Kepada penyidik, tersangka mengaku sudah menjual onderdil alat berat yang diambilnya. "Tersangka mengaku uangnya digunakan untuk keperluan sehari-hari," katanya.

Atas perbuatannya, tersangka telah ditahan di Mapolsek Muara Badak dan dijerat Pasal 372 KUHPidana tentang penggelapan dengan ancaman 4 tahun penjara.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut