get app
inews
Aa Read Next : Kaltim Raih Juara Pertama Cabang Fahmil Quran MTQ Nasional XXX

40 Siswa Ikuti Seleksi Paskibraka Nasional, Dispora Jamin Transparan

Kamis, 18 Mei 2023 | 14:30 WIB
header img
Sebanyak 40 siswa Kaltim mengikuti seleksi paskibraka nasional. (foto: ist/dispora)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Sebanyak 40 siswa SMA sederajat dari 10 kabupaten/kota di Kaltim mengikuti seleksi Paskibraka Nasional mulai 17 Mei 2023. 

Mereka akan memperebutkan dua kuota untuk mengisi susunan paskibraka yang akan bertugas pada peringatan proklamasi di Istana Negara. 

Seleksi digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dengan melibatkan melibatkan tim dari Korem 091 Aji Surya Natakesuma, Polresta Samarinda, Himpunan Psikologi Indonesia Kaltim, Badan Kesbangpol Kaltim, serta RSUD AW Sjahranie.

Kepala Dispora Kaltim M Agus Hari Kesuma menjamin, seleksi digelar secara transparan dan objektif. Dia memastikan proses seleksi paskibraka nasional tanpa intervensi dari pihak manapun.

"Wakil Kaltim yang terpilih adalah siswa yang memang layak dan pantas berdasarkan hasil seleksi. Tidak ada yang boleh mengintervensi hasil, apalagi penilaian sudah menggunakan aplikasi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila," tegas Agus dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Kamis (18/5/2023).

Dia menjelaskan, dalam tiga tahun terakhir, Pemprov melakukan seleksi secara langsung di seluruh kabupaten dan kota. Karena itu, setiap wakil yang terpilih ke tingkat provinsi, adalah siswa yang terbaik.

"Siapapun nantinya yang terpilih, wajib menjaga nama baik Kaltim di tingkat nasional. Buat yang tidak terpilih, akan ditugaskan mengibarkan bendera merah putih di tingkat provinsi mewakili kabupaten kota masing-masing," ujarnya.

Sekadar diketahui, 40 peserta akan mengikuti seleksi mulai dari intelegensia umum, pancasila dan wawasan kebangsaan, kesehatan, samapta, baris berbaris, seleksi kepribadian, rekam jejak di media sosial dan administrasi. Seleksi akan berlangsung hingga Jum'at 19 Mei 2023, besok. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut