get app
inews
Aa Read Next : Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka Hari Ini, Simak Persyaratan dan Link Pendaftaran

7 Lowongan Kerja BUMN Sepi Peminat, Ribuan Posisi Masih Tersedia

Jum'at, 19 Mei 2023 | 20:14 WIB
header img
7 lowongan BUMN sepi peminat. (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ribuan lowongan kerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih tersedia. Setidaknya ada tujuh lowongan yang masih sepi peminat hingga H-1 penutupan Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menyebut, sejak dibuka pada 11 Mei 2023 lalu, jumlah pelamar cukup tinggi pada pekan pertama. Bahkan, ada tambahan kuota lowongan pekerjaan untuk peserta dengan berbagai posisi pekerjaan.  

Namun demikian, FHCI menyebut ada sejumlah posisi yang disiapkan BUMN justru sepi peminat. Padahal, tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai ribuan orang. Sementara, pendaftaran akan ditutup Sabtu 20 Mei 2023 besok.

Berdasarkan data FHCI, berikut daftar lowongan kerja BUMN yang sepi peminat:

1. Staff SPI dan Manajemen Risiko

Lowongan kerja ini dibuka dua BUMN Farmasi yakni PT Bio Farma (Persero) dan PT Kimia Farma Tbk. Total kuota yang dibutuhkan sebanyak 1.000 orang. Namun jumlah pelamar posisi ini baru mencapai 64 orang. 

Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah S1 jurusan Akuntansi dan Keuangan.  

2. Process Engineer  

Posisi ini disiapkan di PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dengan kualifikasi pendidikan S1 Teknik Kimia. Tercatat, jumlah pelamar baru sekitar 137 orang. Sedangkan kuota penerimaan sebanyak 1.000 orang.

3. Staf Tenaga Teknis Kehutanan

Pelamar untuk posisi ini baru mencapai 129 orang hingga Jumat (19/5/2023). Padahal, kuota yang dibutuhkan sebanyak 1.000 pelamar. Lowongan ini dibuka Perum Perhutani, PT Inhutani V dengan kualifikasi pendidikan pelamar S1 jurusan Kehutanan.  

4. Staff Non Management Trainee (treasury) 

Jumlah pendaftar posisi baru mencapai 144 orang dari kuota yang disiapkan 2000 pelamar. Lowongan ini dibuka PT Taspen (Persero) dengan kualifikasi pendidikan S1 Perpajakan.  

5. Recruitment dan Assessment Staff 

Jumlah pelamar posisi ini baru mencapai 128 orang. Padahal, kuota yang tersedia sebanyak 1.000 pelamar. Posisi tersebut dibuka oleh PT Reska Multi Usaha (KAI Service) dengan kualifikasi pendidikan S2 Profesional Psikologi.  

6. Staf Aktuaria

Jumlah pelamar untuk posisi ini sangat minim yakni 13 orang. Sedangkan, kuota yang dibutuhkan sebanyak 1.000 orang. Lowongan kerja itu dibuka di Perum Jasa Tirta II dengan kualifikasi pelamar S1 jurusan Aktuaria.

7. Mid Developer/System Analis 

Posisi ini disediakan Kantor Berita Nasional Antara dengan kebutuhan mencapai 1.000 orang. Adapun, kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah S1 Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

Namun hingga H-1 penutupan rekrutmen bersama BUMN, total pelamar hingga hari ini baru mencapai 243 orang.
 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut