get app
inews
Aa Read Next : Tarif Baru Whoosh Kereta Cepat Jakarta-Bandung Berlaku 3 Februari, Mulai Rp150.000

KCIC Gratiskan Layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga Oktober

Kamis, 22 Juni 2023 | 21:04 WIB
header img
Kereta Cepat Jakarta Bandung gratis selama masa uji coba hingga Oktober. (foto:ilustrasi/Dok iNews.id)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan melakukan uji coba mengangkut penumpang mulai 18 Agustus 2023, mendatang. Selama masa uji coba yang berlangsung tiga bulan, tiket kereta akan digratiskan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, masyarakat umum bisa menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung secara gratis selama masa uji coba. 

"Selama soft operation, uji coba kereta cepat, penumpang yang naik belum dikenakan tarif atau gratis sampai Oktober," kata Budi Karya di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Hanya saja, tidak semua masyarakat bisa memanfaatkan layanan kereta gratis tersebut. Budi Karya menyebut, penumpang yang akan mencoba layanan kereta cepat tersebut dipilih.

"Tiket gratis selama uji coba ini hanya untuk masyarakat yang bermukim di sepanjang rel kereta cepat," timpal Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dam Investasi Lutut Binsar Pandjaitan.

Menurutnya, hal itu merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan tiket gratis kepada masyarakat di sepanjang jalur rel kereta Cepat Jakarta-Bandung. 

Direktur Utama PT KCIC , Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, uji coba secara gratis hanya berlaku untuk undangan saja. 

"Jadi nanti soft launching itu Agustus sampai Oktober pre operasi, kita akan berikan semacam undangan lah," terangnya. 

Dwiyana mengatakan, bahwa dalam soft launching tersebut masyarakat bisa melakukan perjalanan dari Jakarta hingga Bandung sehingga tidak hanya sampai Stasiun Tegallluar. 

"Kita upayakan dengan feeder. Karena kita ingin pelayanannya dari dan ke kota kan. Misal dari Sudirman mau ke Padalarang, pakai LRT turun di sini nyebrang pakai Kereta Cepat turun di Padalarang, sebaliknya dari Padalarang ke Sudirman juga demikian," ungkap Dwiyana.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut