get app
inews
Aa Read Next : Tarif Baru Whoosh Kereta Cepat Jakarta-Bandung Berlaku 3 Februari, Mulai Rp150.000

Arti Whoosh, Nama Kereta Cepat Jakarta Bandung 

Jum'at, 22 September 2023 | 10:03 WIB
header img
Arti Whoosh, nama Kereta Cepat Jakarta Bandung. (foto: dok MPI)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kereta Cepat Jakarta Bandung resmi memiliki nama baru yakni Whoosh. Penamaan kereta cepat pertama di Asia Tenggara tersebut ternyata memiliki makna yang mendalam. 

Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Triawan Munaf mengungkapkan nama Whoosh menggambarkan kecepatan kereta cepat tersebut. 

Jika menggunakan bahasa Inggris, whoosh juga bisa diartikan suara mendesing. Menurutnya, nama Whoosh akan memudahkan penumpang untuk menyebut moda transportasi massal tersebut.

"Lebih gampang menyebut, ayo kita naik whoosh ke Bandung. Whoosh dalam bahasa asing cepat. Ini istilah bukan hanya untuk diterima oleh lokal tapi juga mancanegara," jelasnya di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Makna lain dari pemberian nama Whoosh tersebut yakni merupakan kepanjangan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. 

"Ini singkatan lengkap, Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Handal. Jadinya Whoosh, Whoosh," ungkapnya.

Triawan menambahkan, pemberian nama tersebut bukan hal baru. Dia mengacu pada kereta cepat Jepang yang diberi nama Shinkansen.

"Kereta cepat di luar negeri yang sudah ada juga punya nama. Jepang punya Shinkansen kita punya Whoosh Indonesia," tambahnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut