get app
inews
Aa Read Next : Anggota Polri Tewas dengan Kepala Tertembak di dalam Mobil Mewah di Jaksel, Diduga Bunuh Diri

Mirip Seragam Polisi, Warna Baju Satpam Diubah Krem

Rabu, 12 Januari 2022 | 20:46 WIB
header img
Seragam satpam. (foto: ist)

JAKARTA - Seragam petugas satuan pengamanan (Satpam) saat ini menyerupai pakaian dinas Polri. Hal ini tidak jarang membuat masyarakat bingung karena sulit membedakan antara personel kepolisian dan satpam.

Karena itu, Polri melakukan kajian untuk mengubah warna seragam dari petugas satpam yang saat ini berwarna coklat muda menjadi krem. 

"Bahwa masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada awak media, Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Ramadhan menjelaskan, pengkajian warna seragam satpam tersebut lahir dari adanya fenomena masyarakat yang sulit membedakan antara satpam dan personel kepolisian. 

"Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri. Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," ujar Ramadhan. 

Dalam hal ini, Ramadhan menuturkan, satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Terkait seragam itu, kata Ramadhan, nantinya akan dipastikan pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) satpam. Baca juga: Seragam Mirip Polisi, Satpam: Tambah Semangat Kerja 

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," tutup Ramadhan.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut