get app
inews
Aa Read Next : Anggota Polri Tewas dengan Kepala Tertembak di dalam Mobil Mewah di Jaksel, Diduga Bunuh Diri

Resmi Ganti Warna, Satpam Pakai Seragam Mirip 'Polisi India' Mulai Tahun Depan

Rabu, 02 Februari 2022 | 11:57 WIB
header img
Warna seragam satpam resmi diubah menjadi krem dan diterapkan mulai tahun depan. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai - Warna seragam satpam kembali diubah. Setelah sebelumnya menyerupai pakaian dinas Polri, kini berganti menjadi krem. Perubahan ini resmi dilakukan pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-41 Satpam, di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2/2022). 

Seragam baru akan diimplementasikan tahun depan.  Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebutkan seragam baru satpam yang berganti dari warga cokelat muda menjadi warna krem. 

Pengenalan warna seragam baru satpam ini bagian dari sosialisasi kepada masyarakat. Alasan perubahan warga seragam satpam ini, karena seragam yang saat ini digunakan mirip dengan seragam anggota Polri.  

“Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam,” kata Ramadhan. 

Satpam merupakan profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas, sehingga perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri sebagai pembinanya. Polri terlebih dahulu melakukan pengkajian terkait perubahan warna seragam baru satpam ini, selanjutnya mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) terkait perubahan warna seragam satpam tersebut.

Perubahan warna seragam baru satpam menjadi krem ini pun mendapat komentar beragam dari netizen. Ada yang menyamakan seragam baru satpam dengan seragam kepolisian India. 

"Bener kan, seragam baru satpam mirip polisi India," cuit akun @Gilang_mahesa dikutip, Rabu (2/2/2022). 

"Janganlah pakai seragam polisi india bisa-bisa karakternya sama dengan aslinya ndak boleh lihat taman dan suara gendang pasti berlari-lari ria dan berjoged ria-ria. Ya bila punya saran dipakaikan baju adat saja," ujar akun @ro40097553. 

Netizen juga menyampaikan kritiknya terhadap perubahan warna seragam satpam dari biru putih ke cokelat muda. Warna biru putih dinilai lebih berwibawa dan enak dipandang. 

"Udah paling bener tuh yang seragam atasannya putih itu. Kaya lebih berwibawa dan enak dilihat kok. Kalo liat yang coklat langsung gemeter dikira polisi. Yang ini kayak satpam india. Kayak kurang sreg aja gitu," cuit akun @lavanyatips. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut