get app
inews
Aa Read Next : Meresahkan Warga, Komplotan Pengedar Sabu di Sebulu Diringkus Polres Kukar

Antisipasi Kerawanan Pemilu 2024, Polres Kutai Kartanegara Simulasi Hadapi Kerusuhan Massa

Minggu, 16 Juli 2023 | 16:12 WIB
header img
Personel Polres Kukar melakukan simulasi penanganan kerusuhan massa pada Pemilu 2024. (foto: ist/polres kukar)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Polres Kutai Kartanegara menggelar latihan Pengendalian Massa (Dalmas) dan latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di halaman gedung Putri Karang Melenu (PKM), Minggu (16/7/2023).

Simulasi ini untuk mengantisipasi kerawanan Pemilu 2024 terutama potensi kerusuhan massa. Simulasi ini dipimpin Kabag Ops Polres Kutai Kartanegara Kompol Donny Dwija Romansa.

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Hari Rosena melalui Kompol Donny mengatakan, latihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan dan profesionalisme personel dalam pengendalian massa.

Khususnya dalam menyambut Pemilu 2024 yang rawan gangguan kamtibmas.

"Melalui latihan ini, personel Polres Kukar  diharapkan dapat mengasah kemampuan dalam menghadapi situasi genting yang mungkin terjadi selama Pemilu 2024,” ujarnya Kompol Donny dalam keterangannya Minggu (16/7/2023).

Simulasi pengendalian massa ini mencakup berbagai aspek mulai dari tindakan pencegahan, perintah lisan, kendali fisik tanpa senjata, kendali fisik dengan senjata tumpul atau alat lain sesuai standar Polri.

Kemudian kendali dengan senjata api atau alat lain yang dapat menghentikan tindakan atau perilaku pelaku kejahatan atau tersangka yang berpotensi membahayakan anggota Polri atau masyarakat.

Pada kesempatan itu Kompol Donny juga berpesan kepada para personel untuk menjaga kebugaran fisik dan kesehatan sehingga tugas-tugas kedepan dapat terlaksana dengan baik.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut