Logo Network
Network

Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023, Jorge Martin Crash

Ibnu Haryanto/Abriandi
.
Minggu, 26 November 2023 | 21:58 WIB
Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023, Jorge Martin Crash
Francesco Bagnaia juara dunia MotoGP 2023 usai balapan pamungkas di MotoGP Valencia. (foto: motogp)

VALENCIA, iNewsKutai.id - Francesco Bagnaia juara dunia MotoGP 2023 usai balapan pamungkas di MotoGP Valencia, Minggu (26/11/2023) malam. Dia mengunggul rival terberatnya, Jorgen Martin yang mengalami crash.

Gelar juara dunia diraih Pecco setelah finis pertama di Sirkuit Ricardo Tormo di depan pembalap Ducati Pramac Racing Johann Zarco dan Gresini Racing Fabio Di Giannantonio.

Jalannya Balapan

Pecco-sapaan Francesco Bagnaia-memulai balapan dengan baik. Start dari pole position, Pecco langsung memimpin balapan sejak lap pertama. Namun, tidak butuh waktu lama, Martin langsung menguntit di belakangnya.

Pada lap keempat, Martin bahkan berhasil menyalip Pecco namun kemudian kembali melorot setelah nyaris bertabrakan. Posisinya turun ke urutan ke tujuh dibelakang Maverick Vinales.

Setelah menyalip Vinales, Martin bertarung dengan Marc Marquez untuk kembali ke barisan depan. Sayangnya, lantaran terlalu agresif, Martin menabrak Marquez di tikungan 4 pada lap ke-6.

Di barisan depan, Brad Binder akhirnya berhasil menyalip Pecco yang terlihat bermain hati-hati saat mengetahui Martin out. Namun saat tersisa 17 lap, Binder justru melebar. 

Posisinya diganti oleh rekan satu timnya Jack Miller. Miller dan Pecco sempat bertarung sengit memperebutkan posisi pertama. Sayang, Miller terjatuh saat balapan tersisa 9 lap. 

Pecco yang ada di belakanganya naik ke posisi 1 diikuti Johann Zarco. Pecco yang sudah nyaman di depan tak tergoyahkan. Sementara di posisi kedua dan ketiga Fabio Di Giannantonio bisa menyalip Johann Zarco di last lap. Bagnaia pun finis pertama. Dia pun juara MotoGP Valencia.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini