get app
inews
Aa Read Next : Setelah Korea, Kaltim Ekspor Perdana Rumput Laut ke China

Menteri Pertahanan China Dipecat karena Korupsi Pengadaan Alutsista, Bahan Bakar Rudal Diganti Air

Selasa, 09 Januari 2024 | 13:58 WIB
header img
Korupsi pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China terbongkar. (foto: ilustrasi/bulgarian military)

BEIJING, iNewsKutai.id - Korupsi pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China terbongkar. Tidak main-main, bahan bakar rudal ternyata diganti dengan air.

Silo peluncuran rudal bahkan termasuk dalam alutsista yang dikorupsi pembangunannya. Akibatnya, Menteri Pertahanan China, Li Shangfu dipecat oleh Presiden Xi Jinping.

Selain itu, 12 komandan senior PLA juga turut dipecat dan menghadapi tuntutan di pengadilan. Mereka terancam hukuman mati jika terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

Korupsi pengadaan alutsista China ini terungkap dalam  laporan intelijen Amerika Serikat (AS) yang dikutip Bloomberg. Sumber intelijen Paman SAM menjelaskan lebih detail jika korupsi parah terjadi di Batalyon Roket China.

Hal ini kemungkinan besar akan memaksa Xi Jinping untuk mengkalibrasi ulang apakah Beijing dapat segera mengambil tindakan militer besar-besaran terutama di tengah memanasnya situasi di Selat Taiwan.

Batalyon Roket adalah cabang militer utama China yang mengawasi senjata nuklir dan menjadi fokus utama Xi Jinping untuk memodernisasi pasukan Beijing. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut