get app
inews
Aa Read Next : 5.126 Tenaga Pengamanan Dikerahkan Amankan TPS Pemilu 2024 di Kota Samarinda

Akses Penghubung Jalan S Parman-KH Samanhudi Dibuka, Memotong Runway Bandara Temindung

Minggu, 14 Januari 2024 | 14:00 WIB
header img
Pemprov Kaltim membuka akses penghubung Jalan S Parman menuju Jalan KH Samanhudi, Kota Samarinda. Jalur ini memotong runway Bandara Temindung. (foto: ist/pemprov kaltim)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pemprov Kaltim membuka akses penghubung Jalan S Parman menuju Jalan KH Samanhudi, Kota Samarinda. Jalur ini memotong runway Bandara Temindung yang sudah tidak beroperasi.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kaltim, Fahmi Prima Laksana menjelaskan, kebijakan membuka akses jalan tersebut untuk mengakomodasi permintaan masyarakat.

Akses dibuka mulai dari samping Planet Swalayan menuju Jalan KH Samanhudi eks Jalan Rajawali. Jalan tersebut nantinya akan menjadi jalur alternatif untuk mengurai kemacetan.

"Pembukaan akses Jalan S Parman menuju Jalan KH Samanhudi sudah disetujui dan dibuatkan jalan tembusan. Alhamdulillah gubernur waktu itu, Pak Isran Noor setuju dan saat pengerjaan dilakukan oleh DPUPR Kaltim yang didukung penuh Pj Gubernur Kaltim saat ini, Pak Akmal Malik," jelas Fahmi dikutip dari laman  Pemprov Kaltim, Minggu (13/1/2024). 

Rencananya, jalan penghubung tersebut dibangun dengan lebar 20 meter dan panjang 290 meter. Ditargetkan Januari 2024 ini, jalan tersebut sudah bisa digunakan masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-Pera) Kaltim, Aji Muhammad Fitra Firnanda memaparkan, proyek pengerjaan akses penghubung Jalan S Parman menuju Jalan KH Samanhudi menelan dana Rp10 miliar.

"Dikerjakan mulai Triwulan IV 2023 dengan anggaran bersumber dari Perubahan APBD Kaltim 2023," tambahnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut