get app
inews
Aa Read Next : Apel Gabungan Pengamanan Malam Natal, Kapolresta Balikpapan Minta Personel Waspada

Gali Bedengan di Kebun Semangka, Warga Balikpapan Temukan Mortir sepanjang Setengah Meter

Senin, 22 Januari 2024 | 07:42 WIB
header img
Tim Jibom Gegana Brimob Polda Kaltim mengamankan mortir yang ditemukan warga Balikpapan di kebun semangka. (foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id – Warga Kelurahan Lamaru, Kota Balikpapan digegerkan dengan penemuan mortir aktif sepanjang setengah meter. Bom itu ditemukan salah seorang warga, Winarko (44) di kebun semangka miliknya.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Andy Rifai mengungkapkan, bahan peledak yang diduga sisa Perang Dunia II ditemukan warga di Perumahan PGRI Blok C pada Sabtu (20/1/2024).

Saat itu, Winarko sedangan membuat bedengan di kebun semangka miliknya. Saat menggali tanah, tiba-tiba cangkulnya mengenai benda keras seperti besi. Setelah diperiksa, benda tersebut berbentuk lonjong dan menyerupai roket.

"Saksi kemudia melaporkan penemuan benda diduga mortir itu ke ketua RT setempat dan diteruskan ke  Bhabinkamtibmas Kelurahan Lamaru yang kemudian mengamankan area penemuan dengan memasang police line,"jelasnya dikutip dari laman Polda Kaltim, Senin (22/1/2024). 

Tim Gegana Brimob Polda Kaltim yang mendapat laporan kemudian menerjunkan tim penjinak bom (jibom). Benda tersebut kemudian segera diamankan dan dievakuasi ker Markas Brimob untuk dimusnahkan.

Dari hasil pendataan, mortir tersebut berukuran sepanjang 40 sentimeter alias nyaris setengah meter dengan diameter 9 sentimeter.

Kombes Rifai menduga, mortir tersebut merupakan sisa-sisa perang dunia II yang banyak tersebar di wilayah Balikpapan. Apalagi, pada zaman perang kemerdekaan, Balikpapan menjadi salah satu lokasi pertempuran Jepang melawan Belanda.

"Banyak sisa-sisa mortir dan amunisi peninggalan Jepang di Kota Balikpapan. Mortir yang ditemukan ini salah satunya. Jadi langsung dimusnahkan agar tidak membahayakan karena dalam keadaan aktif," pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut