get app
inews
Aa Read Next : Surya Paloh Dukung Koalisi Pemerintah, Partai Nasdem Tinggalkan Anies Baswedan

Usai Borong 42 Unit Jet Tempur Rafale, Prabowo Juga Beli 2 Kapal Selam Buatan Prancis

Jum'at, 11 Februari 2022 | 08:27 WIB
header img
Ilustrasi pembelian dua kapal selam. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsKutai - Belanja alat utama sistem persenjataan (Alutsista) Kementerian Pertahanan rupanya tidak berhenti pada pembelian 42 unit Dassault Rafale. Dua kapal selam Scorpene buatan Prancis juga masuk dalam daftar belanja.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungkapkan, pembelian dua kapal selam itu masuk dalam salah satu kesepakatan antara Naval Grup dengan PT PAL. 

"Kita telah tandatangani MoU kerja sama di bidang research and development tentang kapal selam antara PT PAL dengan Naval grup dari Prancis yang tentunya akan mengarah pada pembelian dua kapal selam Scorpene," ujar Prabowo , Kamis (10/2/2022).

Dia menuturkan , rencana pembelian dua unit alutsista itu telah termasuk Air Independent Propulsion (AIP), persenjataan dan suku cadang yang dibutuhkan. Termasuk juga latihan pengoperasian.

 "Dengan AIP beserta persenjataan dan suku cadang-cadang yang dibutuhkan, termasuk latihan juga," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pertahanan telah menyepakati pembelian jet tempur multi-peran asal Prancis, Dassault Rafale. Jumlah unit yang disepakati berjumlah 6. 

Adapun 6 unit itu merupakan tahap pertama dari keseluruhan 42 jet yang rencananya akan diakuisisi oleh Indonesia. Dia memastikan, 36 unit lainnya akan segera menyusul dalam waktu dekat.

"Kita rencananya akan mengakuisisi 42 pesawat Rafale. Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk 6 pesawat. Akan disusul ya dalam waktu dekat dengan kontrak untuk 36 pesawat lagi," ucap Prabowo.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut