get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Selamat, Lima Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur Raih Adipura 2023

Kamis, 07 Maret 2024 | 09:27 WIB
header img
Kota Balikpapan menjadi penerima Piala Adipura Kencana 2023 bersama empat kabupaten/kota lainnya di Kaltim. (foto : ilustrasi/ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id – Lima kabupaten/kota di Kaltim menerima penghargaan Adipura 2024 dari dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kota Balikpapan meraih penghargaan Adipura Kencana kategori Kota Besar. Sementara Adipura Kencana kategori Kota Sedang diraih Kota Bontang.

Sementara Piala Adipura kategori Kota Kecil diraih Kabupaten Penajam Paser Utara dan Paser, sedangkan sertifikat Adipura kategori Kota Besar diraih Kota Samarinda.

Adipura diberikan berdasarkan hasil pemantauan fisik kota, penilaian kinerja pengelolaah sampah dan ruang terbuka hijau (RTH), penilaian kondisi operasional dari TPA, serta inovasi yang dilakukan daerah dalam mewujudkan kota bersih, teduh dan berkelanjutan.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Kaltim, Rina Juliati mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti sinergi antara Pemprov dengan kabupaten/kota dalam mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan.

"Kita bersyukur atas penghargaan yang telah diterima lima kabupaten/kota di Kaltim, apalagi dua kota mendapatkan Adipura Kencana. Ini menjadi bukti pengelolaan lingkungan semakin baik," jelas Rina dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Kamis (7/3/2024).

Sekadar diketahui, terdapat empat kategori jenis penghargaan Adipura. Kategori Adipura Kencana diberikan kepada kota yang pencapainya melebihi standar. Piala Adipura diberikan kepada kota yang memenuhi standar dan kriteria pengelolaan lingkungan.

Sementara sertifikat Adipura dianugerahkan kepada kota yang mengalami peningkatan penilaian dalam pengelolaan lingkungan. Terakhir plakat Adipura diberikan kepada kota yang memiliki sarana dan prasarana terkait pengelolaan lingkungan atau ruang publik.

"Kota yang meraih Adipura ini memiliki tugas berat untuk mempertahankannya. Sedangkan yang belum, masih ada kesempatan di tahun selanjutnya, dengan terus meningkatkan kualitas tata kebersihan dan pengelolaan lingkungannya,” pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut