get app
inews
Aa Read Next : Serangan Hari Pertama ke Wilayah Palestina, Militer Israel Rebut Pintu Perbatasan Rafah

Warga Palestina Korban Perang Dievakuasi ke Indonesia, TNI Siapkan Tiga Pesawat Angkut

Sabtu, 15 Juni 2024 | 19:54 WIB
header img
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyiapkan tiga pesawat untuk mengevakuasi warga Gaza yang terluka akibat perang. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pemerintah berencana mengevakuasi warga Palestina yang luka-luka akibat perang untuk dirawat di Indonesia. Mabes TNI sudah menyiapkan tiga pesawat untuk mengangkut para korban.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menjelaskan, tiga pesawat yang akan dikerahkan untuk mengevakuasi warga Palestina korban perang yakni Boeing-737 400/500 serta Hercules C-130 tipe J dan Tipe H.

"Ya (tiga pesawat) TNI AU akan dikerahkan untuk evakuasi pasien korban perang dari Gaza dibawa ke Indonesia," kata Agus kepada wartawan, dikutip Sabtu (15/6/2024). 

Menurutnya, pesawat Boeing dapat menampung 41 kru, dengan 86 penumpang dan logistik hingga 10.000 kilogram. Sementara pesawat Hercules tipe J dapat menampung penumpang dan kru sebanyak 51 orang, dan tipe H sebanyak 55 orang. 

Pesawat tersebut rencananya akan mengevakuasi warga Palestina yang luka-luka ke Indonesia untuk dirawat di rumah sakit milik TNI yakni Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, dan Rumah Sakit Panglima Besar (Pangsar) Soedirman. 

"Kita siapkan rumah sakit TNI di Indonesia, RSPAD dan RS Pangsar Soedirman," jelasnya. 

Kedua rumah sakit itu, kata Panglima TNI, dapat menampung hingga 1.000 lebih pasien dari Palestina. "Iya, 1.000 pasien. Bisa lebih," katanya. 
Namun, Panglima TNI belum dapat memastikan kapan evakuasi dilakukan. Saat ini pihaknya telah mempersiapkan semuanya. 

"Kalau untuk persiapannya saya sudah mulai. Saya sudah mengecek ke batalyon, saya persiapkan, sudah siap untuk rumah sakit lapangan, sudah siap dengan personelnya," tutupnya.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut