get app
inews
Aa Read Next : Bukan Jet Pribadi, Paus Fransiskus Tiba di Indonesia Naik Maskapai Komersial Alitalia

Kemenag dan Kominfo Minta Stasiun TV Tidak Tayangkan Siaran Azan Maghrib saat Misa Paus Fransiskus

Rabu, 04 September 2024 | 07:37 WIB
header img
Kemenag dan Kominfo meminta stasiun TV tidak menayangkan siaran azan Maghrib saat misa Paus Fransiskus. (Foto: ilustrasi/inews TV)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Stasiun televisi nasional diminta tidak menyiarkan azan saat Misa Agung Paus Fransiskus, Kamis (5/9/2024). Permintaan ini dikeluarkan agar siaran langsung misa tidak terputus.

Sebaliknya, stasiun TV diminta hanya menayangkan jadwal azan dan bentuk running text. Permintaan ini berdasarkan Surat Edaran (SE) perihal Permohonan Penyiaran Azan Magrib dan Misa Bersama Paus Fransiskus kepada para Direktur Utama Lembaga Penyiaran serta Ketua Asosiasi dan Persatuan Lembaga Penyiaran.

SE Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) ini merupakan tindak lanjut dari surat Direktur Jenderal Bimbingan Islam dan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, serta Kementerian Agama Nomor: B86/DJ.V/BA.03/09/2024 per 1 September 2024 perihal Permohonan Penyiaran Azan Magrib dan Misa bersama Paus Fransiskus. 

"Bersama ini kami sampaikan hal sebagai berikut: 1. agar Misa yang dipimpin oleh Paus Fransiskus pada tanggal 5 September 2024 pada pukul 17.00 s.d. 19.00 WIB disiarkan secara langsung dengan tidak terputus pada seluruh televisi nasional,” tulis surat edaran Kominfo, dikutip Rabu (3/9/2024). 

Surat yang dikirimkan Kementerian Agaman juga berisi permintaan serupa. Kemenag menyarankan agar Misa yang dipimpin Paus Fransiskus pada pada pukul 17.00-19.00 WIB yang disiarkan secara langsung tidak terputus.

"Sehubungan dengan hal tersebut, mohon kiranya penyiaran Azan Magrib dapat dilakukan dengan running text," tulis Kemenag dalam suratnya.

Sesuai jadwal, Paus Fransiskus berada Indonesia pada 3-6 September 2024. Sejumlah agenda yang akan dilakukan Paus dalam perjalanan apostoliknya di Jakarta. Salah satunya memimpin Misa Agung di Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis (5/9/2024).

Paus Fransiskus adalah paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Pertama, adalah Paus Santo Paulus VI yang berkunjung pada 3-4 Desember 1970. 

Kedua adalah Paus Santo Yohanes Paulus II yang berkunjung ke Indonesia pada 9-14 Oktober 1989. Kini, 35 tahun berselang, giliran Paus Fransiskus yang melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut