get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini, Presiden Joko Widodo Pimpin Sidang Kabinet Terakhir di IKN Nusantara

Tinjau ke RSUD Abdul Rivai, Presiden Jokowi Janjikan Peralatan Medis Baru

Jum'at, 27 September 2024 | 08:48 WIB
header img
Presiden Joko Widodo meninjau peninjauan fasilitas kesehatan di RSUD dr Abdul Rivai, Berau. (foto: setpres)

TANJUNG REDEB, iNewsKutai.id - Presiden Joko Widodo meninjau peninjauan fasilitas kesehatan di RSUD dr Abdul Rivai, Berau, Kamis (26/9/2024).

Jokowi melihat langsung berbagai fasilitas di rumah sakit tersebut, seperti loket pelayanan, klinik gigi, klinik bedah, klinik penyakit dalam, dan fasilitas kesehatan lainnya.

Jokowi juga mendapatkan pemaparan mengenai rencana pengembangan rumah sakit tersebut. Termasuk kendala ketersediaan peralatan kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, Jokowi mengapresiasi rencana pengembangan RSUD dr Abdul Rivai. Dia pun berjanji berbicara dengan presiden terpilih untuk memastikan agar proses pengembangan fisik rumah sakit dapat segera diselesaikan.

"Rumah sakit dr Abdul Rivai di Berau ini sangat baik karena telah memiliki master plan untuk mengembangkan rumah sakitnya menjadi sebuah rumah sakit yang memiliki standar yang baik," ujar Presiden.

Presiden meminta agar pemerintah daerah ikut serta dalam peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD tersebut.

"Rencana untuk penambahan CT-scan, kemudian mamografi, cathlab, perlengkapan ICU semuanya akan disediakan, akan disiapkan dari pemerintah (pusat). Tapi pemerintah daerah mestinya yang membangun ruangannya, membangun gedungnya," ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr Abdul Rivai, dr Jusram menjelaskan jika tingkat hunian di RS tersebut mencapai 92 persen. Angka tersebut jauh dari kata ideal. 

Masalah lainnya adalah kebutuhan mendesak RSUD yakni peremajaan sejumlah alat kesehatan.

"CT scan kami sudah 11 tahun dan perlu diperbarui ke versi 128 slice. Kemudian yang kedua seperti MRI kami yang harus kami rujuk karena kebutuhan MRI," ucapnya.

Ia pun mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan Presiden Jokowi dan berharap kunjungan tersebut dapat membawa dampak positif bagi pengembangan kesehatan di Kabupaten Berau.

"Kami harapkan ini mampu memberikan impact ke depan dalam hal pengembangan kesehatan di Berau khususnya dalam hal rumah sakit. Berau berada di daerah utara Kalimantan Timur dengan jarak yang jauh dari pusat rujukan,” pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut