get app
inews
Aa Read Next : Gawat! 71 Jet Tempur dan Sembilan Kapal Perang China Kepung Taiwan, Simulasikan Serangan Militer

Jet Tempur China Makin Agresif, Sistem Pertahanan Udara Taiwan Siaga Tinggi 

Sabtu, 23 April 2022 | 17:01 WIB
header img
Ilustrasi jet tempur China makin agresif di wilayah udara Tainwa. (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNewsKutai.id - Jet tempur China makin agresif memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) barat daya Taiwan. Terbaru, tujuh pesawat milik Beijing mendapat peringatan dari sistem pertahanan udara untuk menjauh dari wilayah Taiwan, Jumat (22/4/2022).

ADIZ adalah buffer zone di luar wilayah udara suatu negara, di mana ia memiliki hak untuk meminta pesawat yang masuk untuk mengidentifikasi diri. 

"Dalam tiga hari terakhir, termasuk pada Jumat, total sudah ada 20 jet China menyeberang ke ADIZ," kata Kementerian Pertahanan Taiwan dalam pernyataannya.

Kemhan Taiwan menyatakan, jet tempur China itu diberi peringatan radio dan dipantau oleh pesawat patroli militer dan sistem pertahanan udara. Aktivitas udara yang sibuk di Selat Taiwan terus berlanjut dalam beberapa bulan terakhir. Sejumlah jet China memasuki zona tersebut dan membuat Taipei tetap waspada.

Peningkatan aktivitas jet tempur China itu seiring informasi jika Amerika Serikat mendirikan kamp pelatihan bagi militer Taiwan untuk mengoperasikan tank M1A2T Abrams.

Instruktur militer AS dikabarkan telah tiba untuk melatih tentara Taiwan dalam pemeliharaan, pelatihan, benteng, pembelian simulator, dan proyek pertahanan lainnya.

Tahun lalu, Presiden Tsai Ing-wen untuk pertama kalinya mengkonfirmasi penempatan pasukan AS di pulau yang dianggap China sebagai "provinsi yang memisahkan diri". Taipei telah menuntut kemerdekaan sejak 1949 dan Beijing tetap bersikeras jika wilayah kepulauan tersebut milik China.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut