get app
inews
Aa Read Next : Laksamana Yudo Margono Bocorkan Calon KSAL, Ini Sosoknya

Perwira Tinggi TNI-AL Asal Bali Ini Satu-satunya Perempuan Spesialis Penerbang Laut di Indonesia

Selasa, 03 Mei 2022 | 12:09 WIB
header img
Laksma Ni Ketut Prabhawati. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ni Ketut Prabhawati, perwira TNI Angkatan Laut mencatatkan prestasi gemilang. Perempuan asal Bali yang kini menyandang pangkat Laksamana Pertama (Laksma) TNI atau bintang 1 itu menjadi satu-satunya wanita dengan spesialisasi Penerbang Laut di Indonesia.

Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) dalam keterangannya menyatakan jika Ni Ketut merupakan satu-satunya prajurit Kowal dengan spesialisasi Penerbang Laut. Sebelumnya, pada 1996, dia sempat menjabat sebagai Co-pilot Skadron Udara 600/Angkut Taktis.

"Wanita berusia 54 tahun ini merupakan satu-satunya prajurit Kowal dengan spesialisasi Penerbang Laut," tulis Dispenal dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022). 

Kini, perempua kelahiran Bali 20 November 1967 itu menjabat sebagai Seklem Akademi Angkatan Laut (AAL). Hal itu menyusul kenaikan pangkat menjadi bintang satu oleh KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022) lalu.

Selama berdinas, Laksma Ni Ketut pernah mengikuti sejumlah pendidikan militer. Di antaranya Dikmaba Militer Sukarela (1985), Dik Brevet Penerbang (1988-1989), Diktukpa (1990), Dikpespa, Seskoal, Sesko TNI dan Lemhannas.  Sementara itu sebelum menjabat sebagai Seklem AAL, jabatannya adalah sebagai Komandan Lanal Malang. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut