get app
inews
Aa Read Next : Terima Kasih Tim Garuda!

Shin Tae-yong Sebut Ronaldo Belum Layak Perkuat Timnas Indonesia

Jum'at, 27 Mei 2022 | 13:48 WIB
header img
Ronaldo Kwateh pada laga perebutan medali perunggu cabor sepak bola SEA Games 2021 melawan Malaysia. (foto: PSSI).

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyatakan Ronaldo Kwateh belum layak memperkuat tim nasional senior. Hal itu yang menjadi alasan utama pilar Madura United tersebut tidak ada daftar pemain yang dipanggil untuk menjalani FIFA Matchday.

Ronaldo Kwateh memang menjadi salah satu pemain muda yang menarik perhatian berkat penampilan ciamiknya bersama Madura United. Hal itu kembali dibuktikannya ketika memperkuat timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 lalu. Skuad Garuda Muda akhirnya membawa pulang medali perunggu.

Namun, meski tampil meyakinkan di ajang tersebut, namaya justru tidak ada dalam daftar 29 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong menjalani pemusatan latihan menghadapi FIFA Matchday kontra Bangladesh pada 1 Juni mendatang. 

Padahal, nama-nama yang bersinar di Piala AFF 2020 serta SEA Games 2021 menghiasi daftar pemain. Salah satunya adalah pemain Persebaya Marselino Ferdinan.

Rupanya, Shin Tae-yong sengaja tidak memanggil Ronaldo. Pelatih asal Korsel itu tidak meragukan kemampun teknik dari pemain keturunan Afrika-Indonesia tersebut. Namun, dia dinilai masih harus meningkatkan kemampuan fisiknya. 

Mantan pelatih timnas Korea itu memilih mengirim Ronaldo ke timnas U-19 yang akan bermain di Toulon Cup 2022 pada 29 Mei-12 Juni mendatang di Prancis. Dia dan 21 pemain muda lainnya akan menghadapi timnas Meksiko, Ghana dan Venezuela di fase grup.

“Ronaldo memang susah untuk bersaing di tim senior. Jadi daripada tidak dapat waktu bermain, lebih baik dia main di Turnamen Toulon Prancis. Jadi begitu main di Prancis pastinya ada pengalaman baru yg dia dapat,” kata Shin kepada awak media, Kamis (26/5/2022).

Shin Tae-yong juga menjelaskan terkait pemanggilan Marselino. Dia menilai, meski kemampuan fisiknya belum mumpuni, namun pemain Persebaya Surabaya itu dinilai masih menunjukkan spirit berjuang dan menunjukkan performa lebih baik.

Timnas senior menjalani latihan di Bandung dalam rangka persiapan laga FIFA Matchday kontra Bangladesh di Stadion Jalak Harupat pada 1 Juni nanti. Selain itu, skuad senior yang dipanggil juga dipersiapkan untuk bersaing di Kualifikasi Piala Asia.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut