get app
inews
Aa Read Next : Terbakar Api Cemburu, Pria Ini Gorok Calon Istri jelang Hari Pernikahan

Khilafatul Muslimin Ternyata Dipimpin Eks Napi Terorisme, Ini Sosok Abdul Qadir Baraja

Selasa, 07 Juni 2022 | 11:06 WIB
header img
Pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja ditangkap Polda Metro Jaya di Bandarlampung. (foto: ist)

BANDARLAMPUNG, iNewsKutai.id - Sempat viral simpatisan kelompok Khilafatul Muslimin melakukan pawai dan mengampanyek khilafah di sejumlah daerah, pimpinan kelompok ini, Abdul Qadir Baraja akhirnya ditangkap Polda Metro Jaya di Bandarlampung, Lampung

Ternyata, pimpinan kelompok yang disebut Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sama berbahayanya dengan ISIS ini adalah eks terpidana kasus terorisme.Abdul Qadir Baraja diketahui sudah dua kali mendekam di balik jeruji besi dalam kasus yang sama.

"Tersangka kita amankan ini Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja yang merupakan eks (mantan) napiter. Sudah dua kali ditangkap dan dihukum masing-masing 3 tahun dan 13 tahun," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi di Mapolresta Bandarlampung, Selasa (7/6/2022). 

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menangkap Abdul Qadir Baraja di markas pusat Khilafatul Muslimin di wilayah Telukbetung, Bandar Lampung, sekitar pukul 06.00 WITA.  Sejumlah barang bukti disita seperti printer, personal computer (PC), dokumen, buku-buku, pakaian serta atribut. 

Dari hasil pendalaman, Abdul Qadir Baraja juga diketahui merupakan mantan anggota NII. Dia juga tercatat sebagai salah satu pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki bersama Abu Bakar Baasir.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan yang dikonfirmasi menyatakan Abdul Qadir akan dibawa ke Jakarta. Namun, dia tidak menjelaskan kasus apa yang menjerat pimpinan Khilafatul Muslimin itu.

"Penangkapan dipimpin langsung Dirkrimum PMJ. Saat ini sedang dibawa ke Jakarta," katanya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut