Logo Network
Network

Jangan Salah, Satu Kali Hubungan Seks Bisa Langsung Hamil, Remaja Paling Potensial

Siska Permata Sari
.
Selasa, 07 Juni 2022 | 20:17 WIB
Jangan Salah, Satu Kali Hubungan Seks Bisa Langsung Hamil, Remaja Paling Potensial
Ilustrasi hubungan seks sekali berpotensi menyebabkan kehamilan. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Banyak yang beranggapan jika hubungan seks yang dilakukan hanya sekali tidak akan menyebabkan kehamilan. Padahal, faktanya tidak butuh aktivitas seks berkali-kali bagi sperma untuk membuahi ovum.

Terutama dikalangan remaja, peluang hamil dalam sekali aktivitas seksual ternyata jauh lebih besar dibandingkan dengan perempuan yang usianya lebih matang. Hal ini tentu menjadi peringatan bagi kalangan anak baru gede untuk tidak melakukan hubungan seks bebas di luar nikah.

Dilansir laman Very Well Family, hal itu dikarenakan tingkat kesuburan pada usia remaja sedang dalam masa terbaik. Sementara pada perempuan matang, kesuburan semakin menurun seiring bertambahnya usia. 

Seperti kita ketahui, perempuan di masa subur yang membuat hubungan seks paling mungkin menyebabkan kehamilan. Masa subur ini setidaknya ada satu minggu setiap bulan dan itu dimulai dua hingga tiga hari sebelum Anda berovulasi. 

Jadi, bila Anda menginginkan kehamilan, peluang terbaiknya adalah berhubungan seks pada hari-hari sebelum ovulasi. Ovulasi biasanya terjadi sekitar hari ke-12 sampai 14 dari siklus 28 hari, tetapi bervariasi dari setiap perempuan berdasarkan panjang siklus mereka dan bahkan dapat bervariasi dari siklus ke siklus. 

Anda dapat memiliki masa subur paling cepat pada hari ke-8 dan 9 jika siklus Anda lebih pendek, atau paling lambat hari ke-19 dan 20 dengan siklus yang lebih panjang. Menopause Sel telur yang berovulasi hanya mampu dibuahi selama 12 sampai 24 jam setelah dilepaskan dari indung telur, tetapi dengan bantuan lendir serviks Anda, sperma dapat hidup hingga lima hari di saluran reproduksi. 

Jadi, berhubungan seks sebelum Anda berovulasi dapat membantu meningkatkan peluang untuk hamil, meski hanya sekali berhubungan seks. Nah, Anda bisa melacak ovulasi berdasarkan kalender. Ada pula beberapa cara melacak ovulasi dengan menggunakan perubahan fisiologis seperti suhu tubuh, lendir serviks, atau kadar hormon.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini