5 Tanda Sperma Subur dan Siap Membuahi, Pasangan Program Hamil Wajib Tahu

Rilo Pambudi
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 09:08 WIB
Tanda-tanda sel sperma subur. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Tanda sperma subur dan siap membuahi ovum perlu diketahui terutama bagi pasangan yang sedang menjalankan program kehamilan. Hal ini penting untuk meningkatkan peluang keberhasilan program.

Kehamilan tidak hanya tergantung pada kesiapan telur untuk dibuahi. Faktor tidak kalah pentingnya adalah sel sperma yang sehat untuk memastika proses reproduksi berjalan. Namun, pada beberapa kasus, sperma tidak mampu membuahi ovum.

Selain karena faktor kemandulan, gaya hidup terutama pola makan, istrihat, dan kurang olahraga bisa mempengaruhi tingkat kesuburan sperma. Untuk itu, penting mengetahui tanda-tanda sperma subur.

Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, berikut tanda-tanda sperma subur:

1. Warna Sperma

Ini adalah cara paling mudah untuk mengetahui kualitas sperma. Jika air mani cenderung berwarna putih keabuan, hampir dipastikan jika itu sperma subur. Warna tersebut menunjukkan kadar sperma yang mencukupi. 

Jika warna yang terlihat bening, sperma tersebut bisa dikatakan tidak sehat atau tidak subur.

2. Tingkat Kekentalan Sperma

Air mani yang kental menjadi pertanda bahwa terdapat banyak sel sperma dan mengindikasikan sperma tersebut subur. Hanya saja, ini bukan indikator mutlak karena tingkat kekentalan bisa dipengaruhi asupa cairan tubuh. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini